Pengembangan game edukasi berbasis Wordwall pada mata pelajaran IPA materi zat dan perubahannya untuk menumbuhkan motivasi berkompetisi siswa kelas VII smp negeri 2 mumbulsari

Mudmainah, Vivin Hardiyanti (2024) Pengembangan game edukasi berbasis Wordwall pada mata pelajaran IPA materi zat dan perubahannya untuk menumbuhkan motivasi berkompetisi siswa kelas VII smp negeri 2 mumbulsari. Undergraduate thesis, Universitas islam negeri kiai haji ahmad shiddiq jember.

[img] Text (SK-028-TADRIS-IPA-2024)
Skripsi Distribusi Vivin fix pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Kata Kunci : Game edukasi, Wordwall, Motivasi Berkompetisi
Pada sekolah tingkat menengah game edukasi digunakan sebagai media pembelajaran pada berbagai mata pelajaran, salah satunya pada mata pelajaran IPA materi Zat dan Perubahannya. Materi tersebut menjadi salah satu materi yang susah dipahami karena terlalu banyak teori dan istilah-istilah asing bagi siswa, sehingga ketika pembelajaran siswa merasa bosan karena proses belajar yang cenderung monoton. Temuan masalah tersebut ditemukan di SMP Negeri 2 Mumbulsari. Oleh karena itu peneliti mengembangkan game edukasi berbasis Wordwall untuk menumbuhkan motivasi berkompetisi siswa sehingga siswa dapat lebih memahami materi melalui review materi yang disajikan dalam bentuk soal pada game tersebut.
Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) Untuk mengetahui tingkat validitas game edukasi berbasis Wordwall pada materi Zat dan perubahannya dalam menumbuhkan motivasi berkompetisi siswa. 2) Untuk mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan game edukasi berbasis Wordwall pada materi Zat dan perubahannya dalam menumbuhkan motivasi berkompetisi siswa.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and development). Penelitian ini mengacu pada model Borgh and Gall yang meliputi 10 tahapan, namun hanya 8 tahapan yang digunakan oleh peneliti diantaranya yaitu : 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi desain, 6) Uji coba skala kecil, 7) Revisi produk, 8) Uji coba skala besar. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dengan skala likert 1-5 untuk menilai validasi dan respons siswa terhadap game serta angket motivasi berkompetisi. Analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif yang didapatkan dari validasi ahli dan respons siswa.
Hasil validasi game edukasi berbasis Wordwall pada materi Zat dan perubahannya oleh ahli materi mempunyai nilai 96% , penilaian ahli media sebesar 95% dan penilaian pengguna atau guru sebesar 92%. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pengembangan game edukasi berbasis Wordwall dinyatakan sangat valid. Respons siswa terhadap game edukasi berbasis Wordwall pada uji skala kecil mendapat nilai sebesar 71% menunjukkan bahwa game edukasi Wordwall mencapai kriteria menarik. Respons siswa terhadap uji skala besar mendapatkan nilai sebesar 95% dan dinyatakan mencapai kriteria sangat menarik untuk digunakan. Kemudian hasil analisis siswa terhadap motivasi berkompetisi mendapat nilai sebesar 71%, hal ini menunjukkan bahwa media game edukasi berbasis Wordwall pada materi Zat dan perubahannya yang disajikan dalam bentuk review soal berhasil menumbuhkan motivasi berkompetisi siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190202 Computer Gaming and Animation
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Vivin Hardiyanti Mudmainah
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:13
Last Modified: 09 Jul 2024 00:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35544

Actions (login required)

View Item View Item