Pengaruh Pendapatan dan Gaya Hidup Terhadap Pola Konsumsi Rumah Tangga Di Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi

Aprillia, Ajeng Indah (2024) Pengaruh Pendapatan dan Gaya Hidup Terhadap Pola Konsumsi Rumah Tangga Di Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-088-ES-2024)
AJENG INDAH APRILLIA_E20192376.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB)

Abstract

Dalam ekonomi islam telah mengatur masalah konsumsi diantaranya konsumsi pada barang-barang yang baik (halal), berhemat, mengunakan pendapatan dengan bijaksana, tidak boleh berlebih-lebihan atau mubazir harus sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan dapat dilihat masyarakat di kecamatan Srono masih kurang memahami konsep konsumsi islam, mereka masih mementingkan keinginan dari pada kebutuhan dan berperilaku konsumtif .
Fokus masalah yang hendak diteliti adalah: 1) Adakah pengaruh pendapatan secara parsial terhadap pola perilaku konsumsi rumah tangga di Kecamatan Srono? 2) Adakah pengaruh gaya hidup secara parsial terhadap pola perilaku konsumsi rumah tangga di Kecamatan Srono? 3) Adakah pengaruh pendapatan dan gaya hidup secara simultan terhadap pola perilaku konsumsi rumah tangga di Kecamatan Srono?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mengetahui pengaruh pendapatan secara parsial terhadap pola perilaku konsumsi rumah tangga di Kecamatan Srono. 2) Untuk Mengetahui pengaruh gaya hidup secara parsial terhadap pola perilaku konsumsi rumah tangga di Kecamatan Srono. 3) Untuk mengetahui pengaruh pendapatan dan gaya hidup secara simultan terhadap pola perilaku konsumsi rumah tangga di Kecamatan Srono.
Dalam metode ini menggunikan pendekatan penelitian secara kuantitatif. Selanjutnya menggunakan Uji Regresi Linier Berganda sebagai teknik analisis data diolah dengan IBM SPSS Statistics 26 dengan jumlah sempel yang digunakan sebanyak 100 orang. Jawaban setiap item instrument menggunakan skala
likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pendapatan berpengaruh secara signifikan terhadap pola konsumsi rumah tangga di Kecamatan Srono.. 2) Gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap pola perilaku konsumsi rumah tangga di Kecamatan Srono. 3) Pendapatan dan gaya hidup berpengaruh simultan terhadap pola perilaku konsumsi rumah tangga di Kecamatan Srono.

Kata Kunci: pendapatan;gaya hidup;pola konsumsi;rumah tangga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140301 Cross-Sectional Analysis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms. AJENG INDAH APRILLIA
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:12
Last Modified: 10 Jul 2024 07:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35549

Actions (login required)

View Item View Item