Firdaus, Siti Jannatul (2024) Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) Di Madrasah Ibtidaiyah Mifathul Ulum Wirowongso Ajung Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-053-MPI-2024)
skripsi Siti Jannatul F. T20193067 Watermark.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Siti Jannatul Firdaus, 2024: Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan
Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Wirowongso Ajung
Jember
Kata Kunci: Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Baca Tulis AlQur’an ( BTQ).
Perlu ditanamkan sejak dini pendidikan karakter dimulai dari jenjang masa
kanak- kanak (Paud) sampai remaja, karena faktanya moral remaja masa kini berada
dalam kondisi yang mengkhawatirkan, dimana kaum remaja mengalami degradasi
moral yang terus-menerus dan tampak semakin tidak terkendali. penurunan kualitas
moral generasi penerus bangsa ini terjadi dalam segala aspek, mulai dari tutur kata,
dan lain-lainnya. untuk itu pendidikan karakter sangat penting ditanamkan. Maka
dalam membangun karakter di sekolah kunci utama yang harus dilakukan adalah
menggunakan manajemen pendidikan karakter yang baik.
Fokus dalam penelitian ini ialah: 1) Bagaimana perencanaan pendidikan
karakter melalui kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) di Madrasah Ibtidaiyah
Miftahul Ulum Wirowongso Ajung Jember? 2) Bagaimana Pelaksanaan pendidikan
karakter melalui kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) di Madrasah Ibtidaiyah
Miftahul Ulum Wirowongso Ajung Jember? 3) Bagaimana Evaluasi pendidikan
karakter melalui kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) di Madrasah Ibtidaiyah
Miftahul Ulum Wirowongso Ajung Jember?
Tujuan dalam penelitian ini ialah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan
pendidikan karakter melalui kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) di Madrasah
Ibtidaiyah Miftahul Ulum Wirowongso Ajung Jember? 2) Untuk mendeskripsikan
pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) di
Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Wirowongso Ajung Jember? 3) Bagaimana
Evaluasi pendidikan karakter melalui kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) di
Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Wirowongso Ajung Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
Penelitian Studi Kasus. Subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive dengan
sumber data dari kepala madrasah, waka kesiswaan, waka kurikulum, pembina
kegiatan BTQ dan peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan
Observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan Tahap
kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik
Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan pendidikan karakter
melalui kegiatan BTQ terdiri dari lima langkah, dimulai dari: merumuskan tujuan,
menentukan sasaran kegiatan, merekrut pembina kegiatan, merencanakan materi dan
metode, menentukan waktu dan tempat pelaksanaan. 2) Pelaksanaan pendidikan
karakter melalui kegiatan BTQ antara lain melalui contoh yang baik dan pembiasaan
dari ustadz dan ustadzah. Pelaksanaan kegiatan BTQ sendiri, dilaksanakan setiap hari
secara individual dan klasikal. Metode yang digunakan adalah metode Allimna serta
sumber belajar berupa jilid dan Al-Qur`an 3) evaluasi pendidikan karakter melalui
kegiatan BTQ dilaksanakan dengan cara kerjasama melalui raport yang diisi setiap
hari oleh wali peserta didik dan melalui ujian kegiatan BTQ (munaqosah).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mis Siti Jannatul Firdaus |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 08:34 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 08:34 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35551 |
Actions (login required)
View Item |