Nur Zahidah, - (2021) Penguatan Nilai Karakter Religius Mahasiswa Melalui Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Mangli Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Nur Zahidah_T20161082.pdf Download (5MB) |
Abstract
Nur Zahidah, 2021 : Penguatan Nilai Karakter Religius Mahasiswa Melalui Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Mangli Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Mahasiswa merupakan salah satu lapisan masyarakat yang memiliki intelektual cukup tinggi, mereka juga sebagai jembatan yang menghubungkan antara pemerintah dan masyarakat. Atas dasar itu pula mahasiswa dikenal sebagai agent of change dan agent of control yang selalu berada di garis depan dalam memperjuangkan suatu perubahan. Pada realitanya pada saat ini banyak kasus-kasus yang terjadi pada mahasiswa baik dari segi aqidah, ibadah dan akhlaknya. Maka dari itu perlu adanya sebuah nilai karakter pada setiap diri manusia, terutama karakter religius. Hingga saat ini, sistem pendidikan yang mampu menjawab agar terhindar dari perbuatan yang tercela dan agar mampu membentuk karakter yang religius adalah pesantren. Salah satu pesantren yang mempunyai visi dalam mencetak generasi yang berakhlakul karimah yakni Pesantren Nurul Hidayah. Oleh karena itu, Pesantren Nurul Hidayah merupakan lembaga pendidikan Islam yang mengembangkan ilmu-ilmu agama sebagai materi pendidikan. Fokus penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penguatan nilai karakter religius mahasiswa aspek aqidah melalui pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Mangli Jember?, 2) Bagaimana penguatan nilai karakter religius mahasiswa aspek ibadah melalui pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Mangli Jember?, 3) Bagaimana penguatan nilai karakter religius mahasiswa aspek akhlak melalui pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Mangli Jember?. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, adapun dengan jenis penelitian yang digunakan yakni jenis penelitian studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang dilakukan sesuai dengan teori Miles dan Huberman yakni: kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Dalam kegiatan atau praktek sehari-hari terkait dengan aspek aqidah yakni shalawat nariyah setiap malam jumat, tawassul sebelum pembelajaran di mulai, pembacaan tahlil setiap malam minggu, dan pembacaan ratibul hadad. Sedangkan dalam pembelajaran kitab kuning dilaksanakan melalui pengajian kitab Mafahim Yajib Antushohah dan kitab Wahabiyah, metode yang digunakan yakni metode bandongan. 2) Dalam kegiatan atau praktek sehari-hari terkait dengan aspek aqidah yakni yakni shalat wajib, shalat Sunnah, puasa wajib, dan puasa sunnah. Sedangkan dalam pembelajaran kita kuning dilaksankan melalui pengajian kitab Fathul Qarib, Fathul Muin, Kifayatul al-Akhyar, dan Hasiyah alBajuri ‘ala ibn Qasim, metode yang di gunakan yakni metode bandongan. 3) Dalam kegiatan atau praktek sehari-hari terkait dengan aspek akhlak yakni akhlak terhadap Allah seperti melaksanakan perintahnya menjauhi larangannya, akhlak terhadap sesama ( guru dan teman) contohnya terhadap guru yakni bertutur kata yang baik dan menghormati, sedangkan terhadap teman contohnya saling membantu antar teman, dan akhlak terhadap lingkungan seperti kerja bakti bersama. Sedangkan dalam pembelajaran kita kuning dilaksankan melalui pengajian kitab Ta‟lim Muta‟allim dan Mauidhotul Mu‟ minin, metode yang digunakan yakni metode bandongan. Kata Kunci: Nilai Karakter Religius, Pembelajaran Kitab Kuning, Pesantren Mahasiswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 02:28 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 02:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3556 |
Actions (login required)
View Item |