Khair, Uqimul (2024) Manajemen Pengelolaan Kelas Berbasis Pengelompokan Jenis Kelamin (Gender) Di SMP Al-Badri Gumuksari Kalisat jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-058-MPI-2024)
Uqimul Khair_202101030030.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (21MB) |
Abstract
Uqimul Khair, 2024, “Manajemen Pengelolaan Kelas Berbasis pengelompokan jenis kelamin (Gender) di SMP Al-Badri Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember”
Kata Kunci: Manajemen Pengelolaan Kelas, Pengelompokan Jenis Kelamin.
SMP Al-Badri merupakan salah satu lembaga di yayasan PONPES Al-Badri yang menganut sistem pesantren dan tentu berada di bawah naungan pesantren, yaitu mengelola kelas dengan mengelompokan satu jenis kelamin (Gender), sehingga mewajibkan lembaga melakukan sistem tersebut. Dalam pelaksanaanya tidak terlepas dari aktivitas Manajemen, karena membutuhkan sebuah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Fokus dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan Pengelolaan kelas berbasis pengelompokan kelamin (Gender) di SMP Al-Badri Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan pengelolaan kelas berbasis pengelompokan kelamin (Gender) di SMP Al-Badri Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember? 3) Bagaimana evaluasi pengelolaan kelas berbasis pengelompokan kelamin (Gender) di SMP Al-Badri Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan perencanaan pengelolaan kelas berbasis pengelompokan jenis kelamin (Gender) di SMP Al-Badri Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. 2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengelolaan kelas berbasis pengelompokan jenis kelamin (Gender) di SMP Al-Badri Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. 3) untuk mendeskripsikan Evaluasi pengelolaan kelas berbasis pengelompokan jenis kelamin (Gender) di SMPAl-Badri Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember.
Penelitian ini bersifat kualitatif, yaitu penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu peristiwa, kejadian yang terjadi sekarang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian secara purposive sampling.Teknik analisis data menggunakan kondensasi, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian, Manajemen pengelolaan kelas berbasis pengelompokan gender meliputi : 1. Perencanaan pengelolaan kelas berbasis gender dimulai dari aturan pesantren, pendataan jumlah siswa, mengatur letak kelas oleh waka kesiswaan dibantu dengan guru, dan diharapkan mampu meminimalisir terjadiya kenakalan remaja. 2. Pelaksanaan pengelolaan kelas berbasis pengelompokan gender di awali dengan pendaftaran siswa baru, kemudian melakukan penempatan kelas sesuai gender, jika dalam jumlah siswa melebihi batas kuota dalam satu kelas, maka dari pihak sekolah akan memisahkan kelas tersebut dengan pengelompokan gender juga. 3. Evaluasi pengelolaan kelas berbasis gender meliputi: kepala sekolah mengadakan rapat mingguan dan tahunan, memberikan teguran, evaluasi sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S. Pd Uqimul Khair |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 01:42 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 01:43 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35564 |
Actions (login required)
View Item |