Manajemen pembelajaran Tahfidzul Qur'an dalam membentuk karakter siswa di MTs. Unggulan Nuris Jember pada tahun ajaran 2022/2023

Wahyuningtias, Riska (2024) Manajemen pembelajaran Tahfidzul Qur'an dalam membentuk karakter siswa di MTs. Unggulan Nuris Jember pada tahun ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-055-MPI-2024)
Riska Wahyuningtias_T20183135.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Riska Wahyuningtias, 2024: Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Qur’an dalam Membentuk Karakter Siswa di MTs Unggulan Nuris Jember pada Tahun Ajaran 2022-2023.
Kata kunci : Manajemen Pembelajaran, Tahfidzul Qur’an, Karakter Siswa
Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter generasi muda, terutama dalam menghadapi tantangan moral dan etika di tengah perkembangan globalisasi dan modernisasi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memperkuat nilai-nilai agama melalui program Tahfidzul Qur'an di lembaga pendidikan seperti MTs Unggulan Nuris Jember. Manajemen pembelajaran dalam program Tahfidzul Qur'an di lembaga tersebut menjadi kunci dalam membentuk karakter siswa, yang tidak hanya mengutamakan akademis tetapi juga nilai-nilai moral dan spiritual. Diharapkan dengan program ini, siswa dapat menjadi generasi Qur'ani yang berkarakter kuat, berakhlak mulia, dan mampu memberikan kontribusi positif pada masyarakat.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Tahfidzul Qur'an di MTs Unggulan Nuris Jember? 2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidzul Qur'an di MTs Unggulan Nuris Jember? 3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Tahfidzul Qur'an di MTs Unggulan Nuris Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Perencanaan Pembelajaran Tahfidzul Qur'an dalam Membentuk Karakter Siswa di MTs Unggulan Nuris Jember 2) Untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidzul Qur'an dalam Membentuk Karakter Siswa di MTs Unggulan Nuris Jember 3) Untuk mendeskripsikan Evaluasi Pembelajaran Tahfidzul Qur'an dalam Membentuk Karakter Siswa di MTs Unggulan Nuris Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dan Saldana, dengan langkah-langkah: 1) Kondensasi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Perencanaan pembelajaran Tahfidzul Qur'an meliputi : Rekrutmen siswa, pengelompokan kelas, penyusunan RPP, penyediaan media pembelajaran. Perekrutan siswa diatur melalui seleksi yang mencangkup tes akademik, baca Al-Qur’an, hafalan, dan wawancara, untuk penempatan kelas sesuai kemampuan menghafal dan akademik. 2) Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan setiap hari dengan target satu juz per bulan, dengan menggunakan metode talaqqi, setoran, takrir, tes dan sima’an. Selain itu siswa diberikan kajian tentang karakter yang baik bagi penghafal Al-Qur'an serta cara cepat menghafal Al-Qur'an. 3) Evaluasi pembelajaran meliputi kinerja guru, kendala-kendala siswa dalam menghafal Al-Qur’an, target pencapaian siswa berupa ujian tahfidz tiap bulan dan ujian tasmi’ tiap semester, dan pembentukan karakter siswa dengan melihat jumlah pelanggaran siswa setiap harinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: T20183135 Riska Wahyuningtias
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:01
Last Modified: 09 Jul 2024 06:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35577

Actions (login required)

View Item View Item