Pola Asuh Anak Keluarga Bercerai di Desa Pringgowirawan Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember

Rahmawati, Ira (2024) Pola Asuh Anak Keluarga Bercerai di Desa Pringgowirawan Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember. Masters thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
TESIS IRA RAHMAWATI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Rahmawati, Ira, 2024. Pola Asuh Anak Keluarga Bercerai di Desa Pringgowirawan Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember. Tesis. Program Studi Hukum Keluarga Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Dosen Pembimbing I: Dr. Ahmad Junaidi, S.Pd., M.Ag. Dosen Pembimbing II: Dr. Muhmmad Faisol, M.Ag.
Kata Kunci: Pola Asuh Anak, Keluarga Bercerai.
Pola asuh orang tua tunggal berarti keseluruhan interaksi orang tua dan anak, dimana orang tua yang memberikan dorongan kepada anak untuk mengubah tingkah laku, pengetahuan, dan nilai-nilai yang dianggap paling tepat bagi orang tua agar anak bisa tumbuh menjadi lebih baik yang dilakukan oleh seorang ibu (janda) sebagai orang tua tunggal. Pembentukan adalah proses atau usaha dan kegiatan yang dilakukan secara berdaya guna untuk memperoleh yang lebih baik, mendirikan atau mengusahakan supaya lebih baik, lebih maju, dan lebih sempurna.
Penelitian ini memiliki dua fokus kajian penelitian yaitu: 1). Bagaimana pola asuh anak keluarga bercerai di Desa Pringgowirawan Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember. 2). Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap pola pengasuhan anak keluarga bercerai di Desa Pringgowirawan Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember. Tujuan dari penelitian ini yakni: 1). untuk mengetahui pola asuh anak keluarga bercerai di Desa Pringgowirawan Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember. 2). untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap pola pengasuhan anak keluarga bercerai di Desa Pringgowirawan Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi lapangan (Field Research) melalui metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan kemudian penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, pertama, Pola asuh anak keluarga bercerai di Desa Pringgowirawan Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember ialah merujuk pada pendekatan atau strategi yang diterapkan oleh orang tua tunggal untuk membesarkan anak-anak mereka setelah perceraian. Adapun bentuk pola pengasuhan anak keluarga bercerai di Desa Pringgowirawan adalah Pola Asuh Otoriter, Pola Asuh Kondisional, Pola Asuh Permisif, Pola Asuh Tidak Terlibat. Kedua, Faktor-Faktor yang Memengaruhi Terhadap Pola Pengasuhan Anak Keluarga Bercerai di Desa Pringgowirawan ialah Faktor Temperamen, Faktor Latar Belakang Pola Pengasuhan Orang Tua, Faktor Tingkat Pendidikan Orang Tua, Faktor Gender.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012813 Hadhanah (Child Custody, Guardianship)
Divisions: Program Magister > Hukum Keluarga
Depositing User: Ira Rahmawati Rahmawati
Date Deposited: 04 Jul 2024 03:28
Last Modified: 04 Jul 2024 03:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35579

Actions (login required)

View Item View Item