Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe gi (Group Investigation) terhadap hasil belajar dan keaktifan siswa kelas XI IPA pada materi sistem reproduksi di SMAN 5 Jember

Arifianti, Yasmin (2024) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe gi (Group Investigation) terhadap hasil belajar dan keaktifan siswa kelas XI IPA pada materi sistem reproduksi di SMAN 5 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-017-TADRIS-BIO-2024)
SKRIPSI YASMIN AFTER REVISI SIDANG ww.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB)

Abstract

Yasmin Arifianti, 2024: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) Terhadap Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Kelas XI IPA Pada Materi Sistem Reproduksi Di SMAN 5 Jember
Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe GI, Hasil Belajar, Keaktifan.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang kurang memahami konsep tentang sistem reproduksi pada manusia yang disebabkan oleh suasana pembelajaran di kelas yang cenderung didominasi oleh guru yang aktif dan siswa yang pasif yang menimbulkan rasa malu terhadap siswa untuk bertanya. Dan kurang tepatnya metode pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk proses pembelajaran didalam kelas.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Adakah perbedaan signifikan hasil belajar siswa dari penerapan model pembelajaran GI terhadap kelas XI IPA pada materi sistem reproduksi di SMAN 5 Jember? 2. Adakah perbedaan signifikan keaktifan siswa dari penerapan model pembelajaran GI terhadap kelas XI IPA pada materi sistem reproduksi di SMAN 5 Jember? dan tujuan dari penelitian ini adalah: Mengetahui perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA pada materi sistem reproduksi di SMAN 5 Jember, 2. Mengetahui perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap keaktifan siswa kelas XI IPA pada materi sistem reproduksi di SMAN 5 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian menggunakan quasi eksperimen tipe nonequivalent. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1. Berdasarkan perhitungan hipotesis yang dibantu oleh program SPSS v.22 dengan signifikan 5% pada nilai posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen memperoleh hasil 0,000 yang dimana memiliki kriteria penilaian Jika nilai sig. < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada kelas kontrol dan kelas eksperimen atau Ha1 diterima. Dari perhitungan diatas dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar siswa
kelas XI IPA di SMAN 5 Jember. 2. Pada uji hipotesis diperoleh sig. 0,000 yang menunjukan bahwa ada pengaruh keaktifan siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI. Hasil dari angket keaktifan siswa kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan oleh hasil keaktifan siswa kelas control, karena pada model pembelajaran kooperatif tipe GI ini memiliki sintak yang memandirikan siswa untuk memecahkan masalah, membantu anggota kelompok dalam mencari jawaban dari topik permasalahan yang mampu mengaktifkan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060114 Systems Biology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0604 Genetics > 060403 Developmental Genetics (incl. Sex Determination)
12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1202 Building > 120203 Quantity Surveying
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Yasmin Arifianti
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:46
Last Modified: 05 Jul 2024 02:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35586

Actions (login required)

View Item View Item