Strategi Pemasaran Di Toko Basmalah Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Di Cabang Candipuro Kabupaten Lumajang

NADIFA, NASI KHATUN (2024) Strategi Pemasaran Di Toko Basmalah Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Di Cabang Candipuro Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-146-ES-2024)
NASI KHATUN NADIFA_ E20192059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Strategi Pemasaran merupakan serangkaian tujuan maupun sasaran, kebijakan dan aturan untuk memberikan aturan arah kepada usaha-usaha pemasaran perusahaan dari waktu ke waktu terhadap masing- masing tingkat serta acuhan dan alokasinya, terutama sebagai tanggapan perusahaan untuk menghadapi lingkungan maupun keadaan pesaing yang selalu berubah- ubah.
Adapun fokus penelitian dari skripsi ini adalah membahas tentang : 1) Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan di Toko Basmalah dalam meningkatkan penjualan produk di Cabang Candipuro Kabupaten Lumajang? 2) Apa saja yang menjadi peluang dan hambatan di Toko Basmalah dalam meningkatkan penjualan produk di Cabang Candipuro Kabupaten Lumajang?
Untuk Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui strategi pemasaran yang di lakukan di toko Basmalah dalam meningkatkan penjualan produk di Cabang Candipuro Kabupaten Lumajang. 2) Untuk mengetahui peluang dan hambatan di Toko Basmalah dalam meningkatkan penjualan produk di Cabang Candipuro Kabupaten Lumajang.
Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi . Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Adapun keabsahan data disini menggunkan teknik Triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Hasil dari penelitian ini 1) Strategi Pemasaran di Toko Basmalah dalam meningkatkan penjualan produk menggunakan bauran pemasaran 4p (marketing mix) yang terdiri dari : a) Strategi produk yaitu menjual produk atau kebutuhan sehari- hari dengan kualitas baik. b) Strategi harga yang digunakan adalah fleksibel. c) Strategi tempat yang di gunakan ini memiliki lokasi yang sangat strategis. d) Strategi Promosi yang digunakan dengan meletakkan didepan kasir dengan mendisplay dan memberikan libeling harga. 2) Peluang dan hambatan di Toko Basmalah dalam meningkatan penjualan. Untuk hambatan dalam meningkatkan penjualan produk di sini ada 4: a) penurunan permintaan dan pembelian produk.
b) keterbatasan sumber daya. c) keterbatasan logistik.
d) pesaing pasar .Sedangkan Peluang dalam meningkatkan penjualan Produk disini ada 3: lokasi strategis, pelayanan yang baik, serta pemanfaatan media sosial.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran (Marketing mix), Penjualan
Produk

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ms Nadifa Nasi Khatun
Date Deposited: 04 Jul 2024 03:31
Last Modified: 04 Jul 2024 03:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35587

Actions (login required)

View Item View Item