Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Genetika Kelas XII MIPA Di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Annisa, Maulida Dwi (2024) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Genetika Kelas XII MIPA Di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI MAULIDA DWI ANNISA WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Maulida Dwi Annisa, 2024: Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Genetika Kelas XII MIPA Di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.

Kata Kunci: Analisis, Kesulitan Belajar, Genetika

Kesulitan belajar merupakan keadaan dimana siswa tidak dapat melakukan belajar dengan sebagaimana mestinya yang disebabkan oleh hambatan atau gangguan sehingga siswa tidak dapat mencapai hasil belajar yang diharapkan. Hal ini terjadi pada kelas XII MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember. Kondisi tersebut perlu diteliti lebih lanjut untuk mengetahui kesulitan belajar, faktor-faktor penyebab dan upaya yang dapat dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember.

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kesulitan belajar siswa pada materi genetika kelas XII MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. 2) Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi genetika kelas XII MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. 3) Mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh guru biologi dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi genetika kelas XII MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.

Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kesulitan belajar siswa pada materi genetika kelas XII MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember yaitu sebagian besar siswanya mengalami kesulitan belajar ditandai dengan rendahnya hasil belajar siswa atau dibawah KKM. 2) Faktor penyebab kesulitan belajar terdapat pada faktor internal yaitu motivasi belajar siswa yang kurang dan faktor eksternalnya yaitu cara mengajar guru serta media pembelajaran yang kurang menarik. 3) Upaya yang dilakukan guru biologi dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi genetika kelas XII MIPA diantaranya dengan melakukan pemberian motivasi kepada siswa, melakukan diskusi dengan teman sebaya, melakukan penilaian yang dapat diambil dari berbagai aspek yaitu pengetahuan, sikap dan keterampilan. Melakukan remidial untuk memperbaiki nilai siswa yang rendah atau dibawah KKM dan melakukan resume atau rangkuman materi untuk menambah nilai siswa. Implikasi penelitian secara teoritis sebagai informasi serta kontribusi dalam ilmu pengetahuan terkait kesulitan belajar siswa pada pembelajaran biologi materi genetika. Sedangkan implikasi secara praktis sebagai masukan kepada sekolah dan guru, dan siswa karena kesulitan belajar siswa pada pembelajaran biologi materi genetika dapat mempengaruhi hasil belajar siswa sehingga sekolah dan guru perlu memperhatikan siswa yaitu dengan melakukan upaya mengatasi kesulitan belajar pada materi genetika berdasarkan kesulitan belajar yang dialami dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0604 Genetics > 060408 Genomics
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Miss Maulida Dwi Annisa
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:08
Last Modified: 05 Jul 2024 02:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35590

Actions (login required)

View Item View Item