Pemanfaatan media sosial tiktok sebagai sarana penyebarluasan informasi di universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember

Devi, Sela Puspita (2024) Pemanfaatan media sosial tiktok sebagai sarana penyebarluasan informasi di universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember. Undergraduate thesis, Universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember.

[img] Text
SKRIPSI SELA PUSPITA NEW.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Sarana penyebarluasan informasi yang banyak ditemui pada masa sekarang ini yaitu media sosial. Media sosial merupakan sebuah media online, yang memungkinkan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, berinteraksi, berdiskusi, berkolaborasi.Media sosial yang paling popular saat ini salah satunya yaitu tiktok. TikTok, aplikasi untuk membagikan berbagai video, memungkinkan penggunanya melakukan banyak hal.Fokus penelitian pada skripsi ini adalah :1) Bagaimana perencanaan konten media sosial tiktok sebagai sarana penyebarluasan informasi di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember ? 2) Bagaimana konten atau isi media sosial tiktok sebagai sarana penyebarluasan informasi di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember ? 3) Bagaimana evaluasi konten media sosial tiktok di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember ?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan konten media sosial tiktok sebagai sarana penyebarluasan informasi di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember . 2) Untuk mendeskripsikan konten atau isi media sosial tiktok sebagai sarana penyebarluasan informasi di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember . 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi konten media sosial tiktok sebagai sarana penyebarluasan informasi di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif Adapun jenis penelitian yang di gunakan yaitu penelitian lapangan dengan pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya dilakukan dari tahap pengumpulan data, kondensasi data ,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan trianggulasi sumber .
Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. a) proses perencanaan konten yaitu merekrut kontributor dari mahasiswa dan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk membuat konten kreatif serta menyiapkan alat alat konten dan tim konten .b). sasaran video konten tergantung konten yang dibuat .c) hambatan hambatan konten yaitu ,minimnya SDM , Padatnya jadwal kegiatan dilembaga , keterbatasan alat konten .d) kekurangan dan kelebihan konten ,kekurangannya tiktok yaitu tidak bisa dijangkau penonton yang mengunjungi video konten ,sedangkan kelebihannya adalah informasi bisa lebih mudah tersebar dan di tangkap oleh masyarakat luas .2.isi konten media sosial tiktok yaitu : a.kordinasi di grup,b.pembuatan video konten dengan menentukan gagasan ide viral dan trending ,c. proses editing oleh devisi audio visual dan kontributor ,d.proses upload konten .3.evaluasi konten dilakukan dengan mengembangkan ide konten dan melihat komentar komentar teksbook konten.
Keyword : media sosial tiktok,sarana penyebarluasan informasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sela Sela Puspita Devi Sela Puspita
Date Deposited: 04 Jul 2024 06:57
Last Modified: 04 Jul 2024 06:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35606

Actions (login required)

View Item View Item