Analisis Pemahaman Masyarakat Terhadap Praktek Jual Beli Tembakau Menggunakan Sistem Tebas (Studi Kasus Di Desa Dempo Barat Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan)

Kusairi, Mohammad (2024) Analisis Pemahaman Masyarakat Terhadap Praktek Jual Beli Tembakau Menggunakan Sistem Tebas (Studi Kasus Di Desa Dempo Barat Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-161-ES-2024)
KUSAIRI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Kata Kunci: Jual beli, Tembakau, Tebasan.
Kusairi, Abdul Rokhim, 2024: Analisis Pemahaman Masyarakat Terhadap Praktek Jual Beli Tembakau Menggunakan Sistem Tebas (Studi Kasus di Desa Dempo Barat Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan).
Jual beli tembakau dengan sistem tebas adalah suatu proses dimana tengkulak (penebas) membeli tembakau petani sebelum masa panen dengan cara menafsirkan harga tembakau yang masih dilahan dengan jumlah besar.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana praktek jual beli tembakau dengan sistem tebas di desa dempo barat kecamatan pasean kabupaten pamekasan2) Bagaimana pemahaman masyarakat terhadap praktek jual beli tembakau menggunakan sistem tebas di desa dempo barat kecamatan pasean kabupaten pamekasan?.
Tujuan penelitian ini dilakukan: 1) Untuk menganalisa dan mengetahui praktek jual beli tembakau menggunakan sistem tebas. 2) Untuk menganalisa dan mengetahui pemahaman masyarakat terhadap praktek jual beli tembakau dengan sistem tebas.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian subyek menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) praktek jual beli tembakau di desa dempo barat menggunakan sistem tebas dengan cara manafsirkan harga temabaku yang masih dilahan yang sebelumnya tengkulak menafsirkan kualitas dan kuantitas tembakau.2) proses pemahaman masyarakat di desa dempo barat khususnya para penebas diproleh dari hasil pengalaman setelah bertahun-tahun

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mohammad Kusairi Kusairi
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:37
Last Modified: 18 Jul 2024 08:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35608

Actions (login required)

View Item View Item