Pengaruh Ancaman Phising, Kepercayaan Nasabah Dan Keamanan Nasabah Pada Pengguna Mobile Banking Di PT. BRI (Persero) Tbk Kantor Cabang Jember

Wahyuningsih, Lilis (2024) Pengaruh Ancaman Phising, Kepercayaan Nasabah Dan Keamanan Nasabah Pada Pengguna Mobile Banking Di PT. BRI (Persero) Tbk Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-115-PS-2024)
NEW FIX FIX SKRIPSI LILIS BARU-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Ancaman phishing merupakan strategi yang memanfaatkan teknik rekayasa
sosial untuk menipu pengguna atau pelanggan. Pelaku menggunakan email, pesan
singkat, atau panggilan telepon yang menyamar sebagai pihak bank untuk
memancing nasabah guna memberikan informasi rahasia terkait akun mereka.
Faktor-faktor pemicu dari serangan phishing saat pengguna menggunakan layanan
perbankan online adalah kurangnya kesadaran pengguna, aspek psikologis, dan
isu privasi yang terkait dengan penggunaan jejaring sosial.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1) Apakah ancaman phising
berpengaruh terhadap pengguna mobile banking di Bank BRI KC Jember?, 2)
Apakah kepercayaan nasabah berpengaruh terhadap pengguna mobile banking di
Bank BRI KC Jember?, 3) Apakah keamanan nasabah berpengaruh terhadap
pengguna mobile banking di Bank BRI KC Jember?, 4) Apakah ancaman phising,
kepercayaan nasabah, dan keamanan nasabah berpengaruh terhadap pengguna
mobile banking di Bank BRI KC Jember?
Tujuan dalam penelitian ini adalah :1) Untuk mengetahui pengaruh ancaman
phising terhadap pengguna mobile banking di Bank BRI KC Jember. 2) Untuk
mengetahui pengaruh kepercayaan nasabah terhadap pengguna mobile banking di
Bank BRI KC Jember. 3) Untuk mengetahui pengaruh keamanan nasabah
terhadap pengguna mobile banking di Bank BRI KC Jember. 4) Untuk
mengetahui pengaruh ancaman phising, kepercayaan nasabah dan keamanan
nasabah terhadap pengguna mobile banking di Bank BRI KC Jember.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi umum
dalam penelitian ini mencakup semua nasabah Bank BRI Kantor Cabang Jember
yang berkisar antara bulan Januari 2023 sampai Desember 2023, dengan jumlah
total 7.358 nasabah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan metode
pengambilan sampel diambil secara simple random sampling yaitu sampel
diambil secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada. Sampel yang diambil
sebanyak 100 nasabah. Pengujian data pengolahan data dilakukan dengan
menggunakan program SPSS versi 27.0
Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial ancaman phising
berpengaruh signifikan terhadap pengguna mobile banking pada BRI (BRIMO),
kepercayaan nasabah berpengaruh signifikan terhadap pengguna mobile banking
pada BRI (BRIMO), dan keamanan nasabah berpengaruh signifikan terhadap
pengguna mobile banking pada BRI (BRIMO). Serta secara simultan ancaman
phising, kepercayaan nasabah, dan keamanan nasabah berpengaruh signifikan
terhadap pengguna mobile banking pada BRI (BRIMO).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Lilis Wahyuningsih
Date Deposited: 10 Jul 2024 08:14
Last Modified: 10 Jul 2024 08:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35616

Actions (login required)

View Item View Item