Tindak Kekerasan Dalam Rumah Tangga (Marital Rape) Perspektif KUHP Dan Maqasid Al Syariah

Khumairoh, Eva (2024) Tindak Kekerasan Dalam Rumah Tangga (Marital Rape) Perspektif KUHP Dan Maqasid Al Syariah. Masters thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
TESIS EVA KHUMAIROH 2024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Khumairoh, Eva. 2024 : TINDAK KEKERASAN SEKSUAL DALAM RUMAH TANGGA (MARITAL RAPE) PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 2023 DAN MAQASID AL SYARIAH. Tesis. Prodi Hukum Keluarga Islam. Pascasarjana UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Dosen Pembimbing Dr. Ishaq, M. Ag. dan Dr. Muhammad Faisol, S.S., M.Ag.

Kata Kunci: Marital Rape dan Maqāṣid Al-Syarī’ah.

Kekerasan seksual membutuhkan perhatian dan penanganan khusus dalam penegakan hukum di Indonesia karena telah merasuki setiap elemen kehidupan manusia, termasuk dalam lingkup rumah tangga atau perkawinan. Pemerkosaan dalam perkawinan berdampak serupa dengan dampak pemerkosaan di luar perkawinan, sehingga tidaklah adil apabila ada pembedaan pemerkosaan yang terjadi di luar ataupun di dalam perkawinan karena berkaitan erat dengan keadilan seksual dan kesetaraan gender. Laki-laki dianggap memiliki hak penuh atas istri termasuk dalam hal hubungan seksual serta diperkeruh dengan minimnya pengetahuan hukum, dimana istri sebenarnya dapat mengadukan suaminya apabila terjadi hubungan seksual tidak wajar atau tidak manusiawi walaupun dalam ikatan perkawinan.
Pemerkosaan dalam ikatan perkawinan inilah yang disebut sebagai marital rape, yang diartikan sebagai pemaksaan aktivitas seksual oleh suami terhadap istri atau sebaliknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1.) Bagaimanakah bentuk tindak kekerasan seksual dalam rumah tangga (marital rape) dalam perspektif RKUHP ? 2.) Bagaimana tindak kekerasan seksual dalam rumah tangga (Marital Rape) dalam perspektif Maqāṣid Al-Syarī’ah.
Penulis menggunkan jenis penelitian normative dengan mengkaji hukum sebagai norma, aturan, asas, prinsip, doktrin dan teori hukum. Sedangkan sudut pandang yang digunakan bersifat kualitatif dengan pola deskriptif analisis dan Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pustaka (Library research), Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, yakni bahan-bahan yang tersusun berupa buku ataupun jurnal yang memiliki kaitan dengan pembahasan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa marital rape merupakan tindak kekerasan atau pemaksaan yang dilakukan oleh suami terhadap istri untuk melakukan aktivitas seksual tanpa mempertimbangkan kondisi istri. Dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2023 pasal 477 KUHP dikenakan sanksi hukuman 12 tahun pidana penjara dan dari sisi Maqāṣid Al-Syarī’ah tindakan marital rape tidak mencerminkan terpenuhinya tujuan syari’ah dalam perkawinan, terutama dari Maslahah ad-Daruriyyah, yaitu hifdz an-nafs dan hifdz an-nasl.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Program Magister > Hukum Keluarga
Depositing User: Khumairoh Eva Khumairoh
Date Deposited: 04 Jul 2024 03:24
Last Modified: 04 Jul 2024 03:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35632

Actions (login required)

View Item View Item