Arniyati, Putri (2024) Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Pembiayaan Gadai Emas Syariah Pada Pt Pegadaian Ups Simpang Lima Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-072-PS-2024)
Putri Arniyati_205105010008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Keputusan nasabah adalah proses pengintegrasian yang mengkombinasikan
pengetahuan untuk mengevaluasi dua perilaku alternatif atau lebih, dan memilih
salah satunya.
Rumusan masalah pada penelitian ini yakni : (1) Apakah faktor promosi
berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk
pembiayaan gadai emas syariah di PT. Pegadaian UPS Simpang Lima
Banyuwangi? (2) Apakah faktor harga signifikan berpengaruh signifikan terhadap
keputusan nasabah dalam menggunakan produk pembiayaan gadai emas syariah
di PT. Pegadaian UPS Simpang Lima Banyuwangi? (3) Apakah faktor kualitas
pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dalam
menggunakan produk pembiayaan gadai emas syariah di PT. Pegadaian UPS
Simpang Lima Banyuwangi? (4) Apakah faktor lokasi berpengaruh signifikan
terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk pembiayaan gadai emas
syariah di PT. Pegadaian UPS Simpang Lima Banyuwangi? (5) Apakah faktor
promosi, harga, kualitas pelayanan dan lokasi secara simultan berpengaruh
signifikan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk pembiayaan
gadai emas syariah di PT. Pegadaian UPS Simpang Lima Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk menganalisis pengaruh hubungan
faktor promosi terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk
pembiayaan gadai emas syariah di PT. Pegadaian UPS Simpang Lima
Banyuwangi. 2) Untuk menganalisis pengaruh hubungan faktor harga terhadap
keputusan nasabah dalam menggunakan produk pembiayaan gadai emas syariah
di PT. Pegadaian UPS Simpang Lima Banyuwangi. 3) Untuk menganalisis
pengaruh hubungan faktor kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah dalam
menggunakan produk pembiayaan gadai emas syariah di PT. Pegadaian UPS
Simpang Lima Banyuwangi. 4) Untuk menganalisis pengaruh hubungan faktor
lokasi terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk pembiayaan gadai
emas syariah di PT. Pegadaian UPS Simpang Lima Banyuwangi. 5) Untuk
menganalisis pengaruh hubungan faktor lokasi, promosi, pelayanan dan harga
secara simultan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk
pembiayaan gadai emas syariah di PT. Pegadaian UPS Simpang Lima
Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis asosiatif kausal.
Analisis data menggunakan persamaan regresi linier berganda dengan bantuan
aplikasi SPSS versi 27. Teknik pengambilan sampel menggunakan non
probability sampling metode sampling Insidental / Accidental Sampling.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Hasil pengujian parsial nilai t
hitung (8,289) > nilai t tabel (2,014), dan nilai sig. Variabel Promosi X1 (0,001) < 0,05 , maka H1 diterima. Dapat disimpulkan “Promosi berpengaruh signifikan
terhadap Keputusan Nasabah dalam Menggunakan Produk Pembiayaan Gadai
Emas Syariah di PT. Pegadaian UPS Simpang Lima Banyuwangi”. 2)
Berdasarkan nilai t hitung (3,859) > nilai t tabel (2,014), dan nilai sig. Variabel
Harga X2 (0,001) < 0,05 maka H2 diterima. Dapat disimpulkan “Harga
berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Nasabah dalam Menggunakan Produk
Pembiayaan Gadai Emas Syariah di PT. Pegadaian UPS Simpang Lima
Banyuwangi”. 3) Berdasarkan nilai t hitung (-5,426) < nilai t tabel (-2,014), dan
nilai sig. Variabel Kualitas Pelayanan X3 (0,001) < 0,05 maka H3 diterima. Dapat
disimpulkan “Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan
Nasabah dalam Menggunakan Produk Pembiayaan Gadai Emas Syariah di PT.
Pegadaian UPS Simpang Lima Banyuwangi”. 4) Berdasarkan nilai t hitung (-
5,031) < nilai t tabel (-2,014), dan nilai sig. Variabel Lokasi X4 (0,001) < 0,05
maka H4 diterima. Dapat disimpulkan “Lokasi berpengaruh signifikan terhadap
Keputusan Nasabah dalam Menggunakan Produk Pembiayaan Gadai Emas
Syariah di PT. Pegadaian UPS Simpang Lima Banyuwangi”. 5) Pengaruh Promosi
(X1), Harga (X2), Kualitas Pelayanan (X3) dan Lokasi (X4) secara simultan
terhadap keputusan nasabah (Y) Berdasarkan nilai F hitung (28,310) > F tabel
(2,578) dan signifikansi 0,001<0,05 maka H5 diterima. Dapat disimpulkan bahwa
promosi, harga, kualitas pelayanan dan lokasi secara simultan berpengaruh
signifikan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk pembiayaan
gadai emas syariah.
Kata Kunci : promosi, harga, kualitas pelayanan, lokasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Ms Putri Arniyati |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 03:07 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 03:07 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35634 |
Actions (login required)
View Item |