Analisis Nilai-Nilai Produksi Islam Pada Proses Produksi Banyu Mateng Jaya Mu'thi Di BUMP Nurussalam Ambulu.

Khairunnisa, Khoirunnisa (2024) Analisis Nilai-Nilai Produksi Islam Pada Proses Produksi Banyu Mateng Jaya Mu'thi Di BUMP Nurussalam Ambulu. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-089-ES-2024)
Skripsi Khoirunnisa - Watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Khoirunnisa, 2024: Analisis Nilai-Nilai Produksi Islam Pada Proses Produksi Banyu Mateng Jaya Mu’thi di Bump Nurussalam Ambulu.

Kata kunci: Nilai-Nilai Produksi, Proses Produksi

Nilai-Nilai Islam dalam produksi merupakan suatu nilai untuk menciptakan nilai maslahah yang optimum bagi manusia secara keseluruhan sehingga akan mencapai falah yang merupakan tujuan akhir daei kegiatan ekonomi sekaligus tujuan hidup manusia. Bagaimana nilai-nilai tersebut diterapkan dalam suatu usaha, maka dari itu hal ini menarik untuk diteliti.
Fokus masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana Konseptualisasi nilai-nilai produksi islam yang diimplementasikan oleh banyu mateng jaya mu’thi di BUMP Nurussalam AMBULU? (2) Bagaimana Aktualisasi nilai-nilai produksi islam pada proses produksi banyu mateng jaya mu’thi di BUMP Nurussalam Ambulu?
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1)Menganalisis Konseptualisasi nilai-nilai produksi islam yang diimplementasikan oleh banyu mateng jaya mu’thi di BUMP Nurussalam Ambulu. (2) Menganalisis Aktualisasi nilai-nilai produksi islam pada proses produksi banyu mateng jaya mu’thi di BUMP Nurussalam Ambulu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di BUMP Banyu Mateng Jaya Mu’thi Nurussalam Ambulu. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Dalam menjalankan usahanya Bump Banyu Mateng Jaya Mu’thi Nurussalam Ambulu sudah menerapkan nilai-nilai islam dalam proses produksinya, ada beberapa point yang diterapkan yaitu : 1. Berwawasan jangka panjang. 2. Menepati Janji. 3. Memenuhi Takaran ketpatan,kelugasan dan kebenaran. 4. Berpegang teguh pada kedisiplinan. 5. Memuliakan Prestasi. 6. Mendorong ukhuwah antar sesama pelaku transaksi. 7. Adil dalam Transaksi. 8. Memilik Wawasan Sosial. 9. Membayar upah tepat waktu. 10. Menghindari jenis dan proses produksi yang diharamkan dalam islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Khairunnisa Khoirunnisa
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:52
Last Modified: 08 Jul 2024 03:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35643

Actions (login required)

View Item View Item