Strategi Branding Akun Instagram @memeislam.id Melalui Konten Lucu

Ansori, Ach. Atikul (2024) Strategi Branding Akun Instagram @memeislam.id Melalui Konten Lucu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ACH. ATIKUL ANSORI 204103010044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pada judul skripsi ini untuk mengetahui strategi branding apa yang ada di akun @memeislam.id. Strategi branding yang digunakan oleh akun Instagram @memeislam.id melalui konten lucu dalam postingan meme yang memperluas jangkauan pengguna, untuk menaikkan brand yang dilakukan. Namun tidak hanya itu saja melainkan untuk berdakwah melalui media, baik menggunakan konten lucu yang seringkali dikaitkan dengan ilustrasi gambar untuk menghibur ternyata pada ideal dan faktanya adalah memberikan sarana pesan dakwah. Selain itu juga betapa kelucuan-kelucuan itu digunakan untuk menaikkan branding-nya pada akun @memeislam.id.
Peneliti meneliti akun @memeislam.id karena ada strategi branding tersendiri ketika membuat konten lucu sebagai salah satu untuk menaikkan branding-nya dan juga dakwah di dalamnya. Hal inilah yang melatar belakangi penulis untuk melakukan penelitian terhadap meme tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif studi literatur dan deskriptif dengan menggunakan teknik analisis semiotika Ferdinand de Saussure, untuk memaknai pesan dakwah apa yang tersirat dalam postingan @memeislam.id.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pada akun @memeislam.id strategi yang digunakan untuk mem-branding¬-kan yaitu personal branding sebagai alat untuk menciptakan sebuah branding yang melekat pada akun tersebut. @memeislam.id menggunakan aspek keunikan dengan menggunakan meme sebagai pesan dakwah yang sederhana seperti yang dilakukan oleh @memeislam.id yang menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana mem-branding-kan postingannya. Dengan foto, video berserta caption (keterangan) yang mereka unggah, dapat menggambarkan diri yang kemudian menjadi sebuah personal branding.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200103 International and Development Communication
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Atikul Aang
Date Deposited: 04 Jul 2024 04:13
Last Modified: 04 Jul 2024 04:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35647

Actions (login required)

View Item View Item