Hubungan Antara Sense Of Humor Dengan Stres Pada Mahasiswa Yang Sedang Bimbingan Skripsi Angkatan 2020 Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Maulidia, Yasmin (2024) Hubungan Antara Sense Of Humor Dengan Stres Pada Mahasiswa Yang Sedang Bimbingan Skripsi Angkatan 2020 Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yasmin Maulidia_204103050041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (24MB)

Abstract

Mahasiswa yang sedang berproses dalam menyusun skripsi dan sedang bimbingan skripsi mempunyai beragam kesulitan hingga menyebabkan stres. Stres dapat dipengaruhi oleh respons seseorang terhadap adanya suatu stimulus. stres. salah satu faktor pemicu stres adalah kurangnya sense of humor di dalam diri individu. Ketika individu memiliki daya tarik humor yang bagus, maka dirinya akan cenderung terhindar dari stres. Begitupun sebaliknya, saat individu tidak mempunyai sense of humor, maka akan cenderung cepat untuk merasa stres. Dengan begitu, humor bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi stres atau coping stress.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat hubungan antara sense of humor dengan stres pada mahasiswa yang sedang bimbingan skripsi angkatan 2020 Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember?” serta tujuan penelitian ini untuk mengetahui terdapat hubungan antara sense of humor dengan stres pada mahasiswa yang sedang bimbingan skripsi angkatan 2020 Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi Product Moment Pearson. Sampel penelitian ini adalah 210 mahasiswa angkatan 2020 yang sedang bimbingan skripsi di Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dengan total populasi sebanyak 210 mahasiswa serta pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner melalui Google Form yang menggunakan skala Multidimensional Sense of Humor Scale dan skala The Perceived Stress Scale (PSS-10).
Hasil dari penelitian ini adalah diperoleh hasil nilai signifikansi Sig. (2-tailed) yaitu 0.000 yang lebih kecil dari 0.05 tandanya terdapat korelasi antara vairabel X yaitu Sense of Humor dengan variabel Y yaitu Stres. Kemudian pada angka korelasi pada data di atas adalah 0.614 yang berarti temasuk dalam interval kuat (0.60-0.799), dikarenakan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0.000 < 0.05, maka dapat membuktikan bahwa ada hubungan antara Sense of Humor dengan Stress pada mahasiswa yang sedang bimbingan skripsi angkatan 2020 fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Hal ini menandakan bahwa semakin tinggi sense of humor yang dimiliki, maka akan semakin rendah stres yang dihadapi.

Kata Kunci: mahasiswa, sense of humor, stres

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Yasmin Maulidia Maulidia
Date Deposited: 04 Jul 2024 06:14
Last Modified: 04 Jul 2024 06:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35661

Actions (login required)

View Item View Item