Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kecemasan Komunikasi Pada Mahasantri Pondok Pesantren Darul Hikam Jember

Nabiilah, Salsilatun (2024) Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kecemasan Komunikasi Pada Mahasantri Pondok Pesantren Darul Hikam Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Salsilatun Nabiilah_204103050032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci: Konsep Diri, Mahasantri, Kecemasan Komunikasi
Mahasantri adalah mahasiswa yang tidak hanya menempuh Pendidikan di perguruan tinggi namun juga tinggal di asrama dan mengikuti berbagai kegiatan. Kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan agar mahasantri terlatih dan mampu memberikan manfaat dalam masyarakat setelah keluar dari pondok pesantren. Namun di Pondok Pesantren masih terdapat kegiatan yang dimana mahasantri menunjukkan ketidaknyamanan seperti gugup, enggan berpartisipasi aktif dan suara gemetar sehingga mengalami pasivitas. Hal tersebut menjadi permasalahan pada mahasantri. Kecemasan komunikasi seringkali dikaitkan dengan ketidakmampuan untuk memahami diri sendiri, yang dapat menghasilkan pemahaman yang tidak jelas tentang diri sendiri. Konsep diri yang positif umumnya berdampak menurunkan tingkat kecemasan komunikasi, sebaliknya, konsep diri yang negatif cenderung memperburuknya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini mengungkap pertanyaan apakah terdapat hubungan antara konsep diri dan kecemasan komunikasi pada mahasantri di Pondok Pesantren Darul Hikam Jember?. Sementara itu, tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi adanya atau tidaknya hubungan antara konsep diri dan kecemasan komunikasi pada mahasantri di Pondok Pesantren Darul Hikam Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, 76 mahasantri dari populasi diambil. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner yang berisi alat ukur Tennessee Self Concept Scale (TSCS) untuk skala konsep diri dan Personal Report of Communication Apprehension (PRCA) untuk skala kecemasan komunikasi. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan metode korelasi product moment pearson.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dengan nilai signifikansi 0,068 > 0,05, tidak ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dan kecemasan komunikasi mahasantri di Pondok Pesantren Darul Hikam Jember. Oleh karena itu, hipotesis nol diterima (tidak terdapat hubungan antara konsep diri dan kecemasan mahasantri pada mahasantri Pondok Pesantren Darul Hikam Jember) dan hipotesis alternatif ditolak (terdapat hubungan negatif antara konsep diri dan kecemasan komunikasi pada mahasantri Pondok Pesantren Darul Hikam Jember).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Salsilatun Nabiilah
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:27
Last Modified: 05 Jul 2024 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35675

Actions (login required)

View Item View Item