Analisis Perkembangan Membaca Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Al-Farida Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo

Hidayah, Rizqi Zahratul (2024) Analisis Perkembangan Membaca Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Al-Farida Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rizqi Zahratul Hidayah D20195006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (22MB)

Abstract

Rizqi Zahratul Hidayah, 2024 : Analisis Perkembangan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Al-Farida Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo.
Kata Kunci : Membaca, Anak Usia Dini, Taman Kanak-Kanak Al-Farida.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca anak usia dini di Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo yang masih dalam kategori kurang akan membaca. Serta tuntutan sekoah jenjang dasar yang mengharuskan bisa baca saat duduk di kelas satu. Akibatnya Seringkali orang tua hanya mengandalkan belajar membaca di sekolah dan belajar di guru les privat. Hal ini disebabkan oleh 1) tuntutan kurikulum sekolah dasar yang harus bisa membaca. 2) kesadaran orang tua akan dampak yang terus menerus jika anak ditekan harus bisa membaca. 3) upaya strategi guru TK Al-Farida untuk meningkatkan perkembangan membaca anak karena tuntutan orang tua dan kurikulum sekolah dasar.
Terdapat fokus penelitian yang telah disusun guna penelitian ini: 1) Bagaimana strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini di TK Al-Farida Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo?. 2) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan membaca permulaan anak usia dini di TK Al Farida Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo?.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini di TK Al-Farida Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo. 2) Untuk mendeskripsikan untuk mempengaruhi perkembangan membaca permulaan anak usia dini di TK Al Farida Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian menggunakan teknik purposive samling dengan kategori siswa kelompok B TK Al-Farida yang kempuan membacanya masih kurang berda di tahap dasar sebanyak 2 orang, guru, dan orang tua. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kebasahan data menggunkan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian yang didapatkan setelah dilakukannya observasi juga penelitian secara langsung, mengenai strategi belajar membaca bagi anak usia dini yang berada di TK Al-Farida Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo melalui beberapa metode yang diberikan oleh guru yang, untuk mempermudah belajar membaca siswanya, selain menggunakan media buku bacaan yang telah terdapat huruf dan gambar yang dapat dibaca dan dihafalkan, ibu guru juga memberikan idenya dengan menggunakan metode cantol gambar menggunakan kartu kecil yang berisikan sebuah kata. Adanya penghargaan berupa penilaian bagi siswa yang dapat membaca dengan baik dan benar. Adapun perkembangan proses belajar membaca terus menunjukkan perkembangan yang sangat baik. Selain itu juga terdapat beberapa faktor belajar membaca pada anak usia dini, salah satunya perlu adanya semangat serta dukungan dari orang tua agar menambah semangat belajar anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Rizqi Zahratul Hidayah
Date Deposited: 04 Jul 2024 06:21
Last Modified: 04 Jul 2024 06:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35676

Actions (login required)

View Item View Item