Kontrol Diri Remaja Untuk Mencegah Kenakalan Remaja Di Perkampungan Nelayan Pesisir Mimbo Banyuputih Situbondo

Hidayatullah, Muhammad Rofiki (2024) Kontrol Diri Remaja Untuk Mencegah Kenakalan Remaja Di Perkampungan Nelayan Pesisir Mimbo Banyuputih Situbondo. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Rofiki Hidayatullah_D20195020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Kontrol Diri, Perilaku Kenakalan, Remaja.
Perilaku kenakalan adalah masalah yang sering terjadi pada remaja baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Perilaku kenakalan merupakan gejala patologis sosial yang terjadi akibat adanya pengabaian sosial. Perilaku kenakalan yang dilakukan oleh remaja disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Kontrol diri merupakan salah satu faktor penting dalam mengontrol dan mengarahkan perilaku remaja. Remaja yang memiliki kontrol diri yang tinggi,akan mampu mengontrol dan mengarahkan perilakunya. Akan tetapi apabila remaja memiliki kontrol diri yang lemah menyebabkan perilaku kenakalan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana kontrol diri remaja sebagai pencegah kenakalan remaja di perkampungan nelayan pesisir Mimbo Banyuputih Situbondo? 2) Apa faktor yang mempengaruhi kenakalan remaja di perkampungan nelayan pesisir Mimbo Banyuputih Situbondo?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kontrol diri sebagai pencegah kenakalan remaja di perkampungan nelayan pesisir Mimbo Banyuputih Situbondo. 2) Untuk mengetahui faktor penyebab kenakalan remaja di perkampungan nelayan pesisir Mimbo Banyuputih Situbondo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data penelitian ini menggunakan kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam skripsi ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Kontrol diri sebagai pencegah kenakalan remaja di perkampungan nelayan pesisir Mimbo Banyuputih Situbondo meliputi kemampuan remaja dalam mengontrol perilaku yaitu remaja mampu untuk mengendalikan keadaan dan mengendalikan mengatur stimulus, kontrol kognitif yaitu kemampuan remaja dalam memperoleh informasi dan melakukan penilaian, serta kontrol keputusan dalam mengambil keputusan. 2) Faktor perilaku kenakalan pada remaja di perkampungan nelayan pesisir Mimbo Banyuputih Situbondo di sebabkan faktor internal dan eksternal. Adapun faktor internal meliputi identitas diri dan kontrol diri. Sedangkan faktor eksternal disebabkan lingkungan, pola asuh dan kasih sayang orang tua, dan pemahaman terkait agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Muhammad Rofiki Hidayatullah
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:15
Last Modified: 04 Jul 2024 08:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35685

Actions (login required)

View Item View Item