Implementasi Good Governance Dalam Pelaksanaan Alokasi Dana Desa Di Desa Paleran Kecamatan Umbulsari Jember

Sakinah, Nora (2024) Implementasi Good Governance Dalam Pelaksanaan Alokasi Dana Desa Di Desa Paleran Kecamatan Umbulsari Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-140-ES-2024)
NORA REVISI skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pengembangan penyelenggaraan pelayanan publik merupakan salah satu pilihan strategis untuk mengembangkan pemerintah yang baik (good governance) di Indonesia. Sebab salah satu tolok ukur tata kelola pemerintahan yang baik dapat dilihat pada penyelenggaraan pelayanan publik yang mengedepankan kualitas dan kepuasan. Untuk mencapai maksud dan tujuan pengembangan lembaga negara yang berfungsi secara profesional, efisien, produktif, transparan, bebas korupsi, kolusi dan nepotisme serta mampu melaksanakan dan mencapai tata kelola pemerintahan yang baik.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan Alokasi Dana Desa di Desa Paleran? 2) Apa saja upaya yang dilakukan pemerintah Desa Paleran dalam mewujudkan good governance?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan mengenai Pelaksanaan Alokasi Dana Desa dalam mewujudkan Good Governance di Desa Paleran Kecamatan Umbulsari. 2) Untuk mengetahui upaya pemerintah desa paleran dalam mewujudkan good governance.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan mendeskripsikan dan menyimpulkan data yang diperoleh di Balai Desa Paleran Kecamatan Umbulsari Jember.
Kesimpulan penelitian ini adalah prinsip-prinsip Good Governance di Desa Paleran yang secara teknis dan administrasi yang baik telah diterapkan dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban dalam pelaksanaan alokasi dana desa di Desa Paleran. Melalui aplikasi Siskeudes semua lampiran bukti-bukti diinput secara online sesuai dengan keterangan waktu, tempat dan tanggal yang langsung terhubung dengan server Kabupaten Jember.
Kata Kunci: Implementasi, Good Governance, Alokasi Dana Desa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Nora Sakinah
Date Deposited: 04 Jul 2024 07:23
Last Modified: 19 Jul 2024 02:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35698

Actions (login required)

View Item View Item