Penerapan Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Dalam Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMP Plus Darus Sholah Jember

Mrs, Rifda Izza Nubaila (2024) Penerapan Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Dalam Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMP Plus Darus Sholah Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
RIFDA IZZA NUBAILA_201101010051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Rifda Izza Nubaila, 2024: Penerapan Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif
Efektif dan Menyenangkan untuk Meningkatkan
Kreativitas Belajar Siswa dalam Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti di SMP Plus Darus Sholah
Jember.
Kata kunci : PAIKEM, Kreativitas Belajar, Pendidikan Agama Islam
Rendahnya mutu pendidikan dan kreativitas belajar siswa menjadi masalah
bagi guru dan siswa di SMP Plus Darus Sholah Jember khususnya bagi guru
pendidikan agama islam dan budi pekerti. Hal tersebut memang membutuhkan
inovasi pembelajaran tiada henti baik dari pihak sekolah untuk terus
meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru maupun dari guru sendiri untuk
lebih memahami karakter siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu yang
harus di lakukan pendidik adalah memperbaiki metode dan menyesuaikan materi
dalam pembelajaran oleh karena itu Model (PAIKEM) adalah salah satu
solusinya. Karena Model pembelajaran PAIKEM adalah model pembelajaran
yang membimbing dan mengarahkan peserta didik untuk aktif, kreatif dalam
pembelajaran sehingga tercipta situasi pembelajaran yang efektif dan
menyenangkan.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Penerapan
Pembelajaran Aktif pada Model PAIKEM untuk Meningkatkan Kreativitas
Belajar Siswa dalam PAI dan BP, 2) Bagaimana Penerapan Pembelajaran Inovatif
pada Model PAIKEM untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa dalam PAI
dan BP, 3) Bagaimana Penerapan Pembelajaran Kreatif pada Model PAIKEM
untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa dalam PAI dan BP, 4) Bagaimana
Penerapan Pembelajaran Efektif pada Model PAIKEM untuk Meningkatkan
Kreativitas Belajar Siswa dalam PAI dan BP, 5) Bagaimana Penerapan
Pembelajaran Menyenangkan pada Model PAIKEM untuk Meningkatkan
Kreativitas Belajar Siswa dalam PAI dan BP. Tujuan penelitian ini yaitu : 1)
Mendeskripsikan Penerapan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan
Menyenangkan pada Model PAIKEM untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar
Siswa dalam PAI dan BP di SMP Plus Darus Sholah Jember.
Pendekatan pada penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan
jenis metode deskripif kualitatif. Teknik penentuan subyek menggunakan teknik
purposive, dalam Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Kemudian teknik analisis data ini menggunakan model interaktif
Milles Huberman and Saldana. Terakhir keabsahan data menggunakan Triangulasi
Sumber dan Triangulasi Teknik.
Hasil Penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Pembelajaran Aktif PAI dan
BP dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik, 2) Pembelajaran
Inovatif telah diterapkan dengan menggunakan metode simulasi, 3) Pembelajaran
Kreatif PAI dan BP menggunakan berbagai metode yang membangun kreativitas
siswa, 4) Pembelajaran Efektif pada PAI dan BP dengan memilih metode yang
sesuai dengan kondisi kelas dan keadaan siswa, 5) Pembelajaran Menyenangkan
dalam pelajaran PAI dan BP dengan menggunakan metode yang menarik yang
dikuasai oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Rifda Izza Nubaila
Date Deposited: 04 Jul 2024 07:55
Last Modified: 04 Jul 2024 07:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35706

Actions (login required)

View Item View Item