Ira Nur, hasanah (2021) Implementasi Manajemen Kelas Berbasis Syari’at dalam Pembentukan Akhlak Karimah Peserta didik di Madrasah Aliyah Al-Ishlah Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.
Text
Ira Nur Hasanah_T20173048.pdf Download (12MB) |
Abstract
Ira Nur Hasanah, 2021: Implementasi Manajemen Kelas Berbasis Syari’at dalam Pembentukan Akhlak Karimah Peserta didik di Madrasah Aliyah Al-Ishlah Jenggawah Jember. Kata Kunci: manajemen kelas, syariat, pembentukan akhlak karimah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keunggulan yang dimiliki Madrasah Aliyah Al-Ishlah Jenggawah Jember yang jarang dimiliki oleh Madrasah Aliyah sekabupaten jember yakni seluruh peserta didik puteri berpenampilan seragam syar’i dengan mengenakan cadar pada saat keluar kelas, menerapkan pengelompokan peserta didik putera dan puteri dikelas terpisah, serta seluruh peserta didik sopan dan santun dalam berinteraksi dengan guru maupun teman sebayanya. Dengan demikian, aturan tersebut tak luput dari konsep pembelajaran yang diterapkanya pada saat di kelas. Berdasarkan latar belakang tersebut fokus penelitian dalam penelitian ini adalah, (1) bagaimana implementasi manajemen kelas berbasis syari’at dari aspek pengaturan peserta didik dalam pembentukan akhlak karimah peserta didik di Madrasah Aliyah Al-Ishlah Jenggawah Jember? (2) bagaimana implementasi manajemen kelas berbasis syari’at dari aspek pengaturan sarpras dalam pembentukan akhlak karimah peserta didik di Madrasah Aliyah Al-Ishlah Jenggawah Jember? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research. Lokasi yang dipilih adalah Madrasah Aliyah Al-Ishlah Jenggawah Jember. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tekhnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dan Saldana. Uji Keabsahan data menggunakan triangulasi tekhnik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah 1) implementasi manajemen kelas berbasis syari’at dari aspek pengaturan peserta didik dalam pembentukan akhlak karimah peserta didik di Madrasah Aliyah Al-Ishlah Jenggawah Jember yakni didasarkan pada al-Qur’an, dan al-Hadist dengan ditunjang penjelasan kitab kuning. Dalam manajemen kelas berbasis syari’at ini terdapat praktik yang mencolok yakni praktik pengelompokan peserta didik dikelas terpisah, berpenampilan seragam syar’i dengan diwajibkan bercadar bagi peserta didik puteri dan berkopyah bagi peserta didik putera, selektif dalam pemilihan guru lawan jenis, pembimbingan peserta didik, pembinaan hubungan baik, pembentukan organisasi, kedisiplinan dan penugasan peserta didik hal ini dapat membentuk akhlak karimah wara’ patuh terhadap guru, ikhlas, keperdulian, tanggung jawab dan tawadlu’. 2) implementasi manajemen kelas berbasis syari’at dari aspek pengaturan sarpras dalam pembentukan akhlak karimah peserta didik di Madrasah Aliyah Al-Ishlah Jenggawah Jember yakni melalui pengaturan tempat duduk, pengaturan alat pengajaran, penataan keindahan dan kebersihan ruang kelas dan pengaturan ventilasi dan pencahayaan kelas. dari berbagai aspek tersebut dapat membentuk akhlak karimah kerapian, kebersihan, kesederhanaan, dan kedisiplinan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 02:30 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 02:30 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3571 |
Actions (login required)
View Item |