Implementasi Metode Inquiry Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2023/2024

Arifin, Moch. Samsul (2024) Implementasi Metode Inquiry Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK-048-TADRIS-IPS-2024)
SKRIPSI REVISI FINISH terbaru.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (22MB)

Abstract

Moch Samsul Arifin, Rachma Dini Fitria S.P., M.Si, 2024:
Implementasi Metode Inquiry Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa
Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember Tahun Ajaran
2023/2024.
Kata Kunci: Implementasi, Metode inquiry, Pembelajaran IPS
Ilmu pengetahuan sosial merupakan mata pelajaran yang memadukan konsep dasar dari
berbagai ilmu sosial yang disusun melalui pendekatan pendidikan dan psikologis serta
kelayakan dan kebermaknaannya bagi siswa dan kehidupannya. Dan seorang guru
profesional dituntut harus kreatif untuk memilih metode pembelajaran supaya memberikan
suasana kelas yang seru dan menarik salah satu metode pembelajaran di smp 4 jember
yaitu metode inquiry.
Metode inkuiri merupakan suatu proses pembelajaran dengan melibatkan siswa secara
aktif. Dalam hal ini siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran seperti
merumuskan masalah, menyelidiki dan kemudian membangun pengetahuan dengan
pemahaman baru yang telah didapat setelah pembelajaran. kegiatan inkuiri yang
dilaksanakan siswa dalam kegiatan pembelajaran mendorong siswa berpikir dan bekerja
atas inisiatif sendiri.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1.Bagaimana Perencanaan Metode
Inquiry pada Pembelajaran IPS Kelas VIII Di SMPN 4 Jember? 2. Bagaimana Pelaksanaan
Metode Inquiry pada Pembelajaran IPS kelas VIII Di SMPN 4 Jember? 3. Bagaimana
Evaluasi metode Pembelajaran Inquiry pada Pembelajaran IPS Kelas VIII Di SMPN 4
Jember?
Tujuan dalam skripsi ini yaitu 1.Mendeskripsikan perencanaan Metode Inquiry Pada
Pembelajaran IPS Kelas VIII Di SMPN 4 Jember ,2. Mendeskripsikan pelaksanaan Metode
Inquiry pada Pembelajaran IPS Kelas VIII Di SMPN 4 Jember. 3.
MendeskripsikanEvaluasi metode pembelajaran inquiry pada pembelajaran IPS tahun
ajaran 2023/2024.
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif dengan
jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive
sampling. Teknik pengumpulan datanya memakai observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis datanya menggunakan data reduction, data display. Sedangkan keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber yaitu untuk menguju kreadibilitas data dilakukan dengan
cara mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber dan triangulasi Teknik
yaitu pengumpulan data yang bersifat menggabungkan dari berbagai tekhnik pengumpulan
data dan sumber data yang telah ada.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu 1) Perencanaan pembelajaran metode
inquiry yaitu guru menyiapkan modul dan media sesuai dengan kebutuhan siswa. 2)
pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode inquiry siswa dan guru
melakukan Tanya jawab, siswa membentuk kelompok dan siswa menganalisis media yang
telah guru berikan dan siswa mempresentasikan hasil dari analisis kelompok. 3) Pada
evaluasi ini guru melakukan penyelidikan kepada peserta didik untuk mendorong tiap
kelompok memberi masukan kepada kelompok lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Moch Samsul Arifin
Date Deposited: 04 Jul 2024 07:47
Last Modified: 04 Jul 2024 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35725

Actions (login required)

View Item View Item