Pemanfaatan pantai cemara di dusun Getem sebagai sumber belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP-IT Bustanu Ulumiddin tahun pelajaran 2023/2024

Asiyah, Siti (2024) Pemanfaatan pantai cemara di dusun Getem sebagai sumber belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP-IT Bustanu Ulumiddin tahun pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-057-TADRIS-IPS-2024)
SITI ASIYAH (205101090011) Tadris IPS.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (111MB)

Abstract

Pemanfaatan pantai cemara sebagai sumber belajar IPS dimaksudkan agar
pembelajaran juga dapat memanfaatkan aspek dari lingkungan sebagai pendukung
dari keberhasilan pendidikan di sekolah. Artinya semua yang ada di lingkungan
bisa dijadikan sebagai sumber belajar yang dapat dimanfaatkan oleh siswa tidak
terkecuali adanya pantai cemara. Hal ini juga dapat meningkatkan potensi siswa
dalam mengembangkan dirinya dalam suatu pembelajaran IPS.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi pemanfaatan
pantai cemara di dusun Getem sebagai sumber belajar siswa pada mata pelajaran
IPS kelas VIII di SMP-IT Bustanu Ulumiddin? 2) Bagaimana implikasi
pemanfaatan pantai cemara di dusun Getem sebagai sumber belajar siswa pada
mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP-IT Bustanu Ulumiddin?.
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
fenomenologi. Lokasi penelitian ini bertempat di SMP Islam Terpadu Bustanu
Ulumiddin. Penentuan subyek dengan menggunakan teknik purposive sampling,
pengumpulan data dengan tiga tahapan yaitu wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik
dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Implementasi
pemanfaatan pantai cemara di dusun Getem sebagai sumber belajar siswa pada
mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP-IT Bustanu Ulumiddin dapat berjalan
dengan efektif, karena keadaan siswanya mendukung baik dari segi intelektual,
mental, minat dan kemampuan belajar yang mereka miliki. Hal tersebut dapat
memudahkan untuk menerapkan metode atau cara mengajar dengan efektif dan
efisien. 2) Implikasi pemanfaatan pantai cemara di dusun Getem sebagai sumber
belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP-IT Bustanu Ulumiddin
sangat terlihat, hal tersebut dapat dilihat dari perubahan siswa ketika pembelajaran
IPS siswa lebih aktif, memilki semangat belajar yang tinggi, tidak bosan atau
jenuh dengan pelajaran IPS yang hanya berupa teori saja, memiliki wawasan yang
luas, dapat menambah sikap sosial terhadap pengunjung pantai cemara dan
masyarakat sekitar pantai cemara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Siti Asiyah
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:42
Last Modified: 30 Jul 2024 06:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35729

Actions (login required)

View Item View Item