Pembelajaran Tahsin menggunakan Kitab Al-Jazariyyah di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Terpadu Ibnu Katsir Jember

Hamzah, Muhammad Fakhri (2024) Pembelajaran Tahsin menggunakan Kitab Al-Jazariyyah di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Terpadu Ibnu Katsir Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Muhammad Fakhri Hamzah_204101010011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran tahsin adalah proses belajar untuk membaca Al-Qur'an
dengan baik dan benar. Terkait dengan proses pembelajaran tahsin hanya
pelaksanan dan penelaian karena perencanaan seperti silabus dan rpp tidak secara
lengkap dilakukan. Dari seluruh siswa hanya beberapa saja yang faham dan benar
dalam membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid. Dengan memakai kitab
Al-Jazariyyah untuk sumber belajar tahsin agar dapat meminimalisir kesalahan
dalam membaca Al-Qur’an. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengetahui
bagaimana pembelajaran dan penilaian tahsin menggunakan kitab Al-Jazariyyah
di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Terpadu Ibnu Katsir Jember.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana
pelaksanaan pembelajaran tahsin menggunakan kitab Al-Jazariyyah di Sekolah
Menengah Kejuruan Islam Terpadu Ibnu Katsir Jember tahun pelajaran
2023/2024? 2) Bagaimana penilaian pembelajaran tahsin menggunakan kitab AlJazariyyah di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Terpadu Ibnu Katsir Jember
tahun pelajaran 2023/2024?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
lapangan (field reseach). Lokasi penelitian di SMK IT Ibnu Katsir Jember. Tehnik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara semi struktur, dan
dokumentasi. Dengan analisis data model Miles, Huberman dan Saldana yaitu
kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini ialah 1). Pelaksanaan pembelajarannya dilakukan
secara bertahap dimana guru memulai dengan salam dilanjut doa dan tawasul
bersama-sama dilanjut penyampaian materi dengan penjelasan berupa nadhom
beserta artinya dalam penyampaian materi nadhom guru selalu menggunakan
metode ceramah dan praktek langsung dalam membaca Al-Qur’an semua materi
disampaikan dan diberikan penjelasan maka saat akhir pertemuan ditutup dengan
hamdallah dan doa akhir majlis bersama-sama kemudian salam. 2) Dalam
penilaian juga kurang maksimal, pengambilan penilaian hanya dilakukan saat
ujian PTS dan PAS, tidak ada penilaian untuk penerapan tahsin dalam kegiatan
sehari-hari.

Kata Kunci : Pembelajaran Tahsin, Kitab Al-Jazariyyah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Fakhri Hamzah
Date Deposited: 08 Jul 2024 08:29
Last Modified: 12 Jul 2024 03:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35732

Actions (login required)

View Item View Item