Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Ajung Tahun Pelajaran 2023/2024

Sayyadah, Nivayatus (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Ajung Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-046-TADRIS-IPS-2024)
SKRIPSI NIVAYATUS SAYYADAH (205101090014) FOR DIGILIB NEW.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Nivayatus Sayyadah, Rachma Dini Fitria S.P., M.Si, 2024: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Ajung Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata Kunci: Gallery Walk, Hasil Belajar, Pelajaran IPS
Dalam upaya mencapai tujuan pelmbelajaran, guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam merancang dan menggunakan model pembelajaran. Oleh karenanya, penggunaan model pembelajaran sangat bermanfaat untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar. Seperti permasalahan yang terjadi di SMPN 1 Ajung, yang mana siswa merasa bosan terhadap pelajaran IPS sehingga siswa sering tidak memperhatikan guru saat menerangkan, tidur di kelas, mengobrol dengan teman dan lain sebagainya. Hal ini mengharuskan guru saat proses belajar mengajar dituntut untuk aktif agar suasana pembelajaran tldak membosankan. Sehingga pengetahuan dan kualitas pendidikan dapat dibangun dan ditingkatkan dengan kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: Mengetahui adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Ajung Tahun Pelajaran 2023/2024.
Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif jenis quasi experimental design tipe nonequivalent group post-test only design. Populasi penelitian mencakup siswa kelas VII SMPN 1 Ajung dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga didapatkan sampel kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji T.
Data hasil analisis dan pengujian hipotesis adalah sebesar 0.000 karena nilai Sig lebih kecil dari 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima dan variabel independent yaitu model kooperatif tipe gallery walk berpengaruh signifikan terhadap varilabel dependent yailtu kemampuan penigkatan hasil belajar siswa pada mata pelajara IPS di SMP Negeri 1 Ajung tahun pelajaran 2023/2024. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis dan pengujian hipotesis dengan menggunakan independent Sampel T-test dimana diperoleh nilai sig. (2-Taileld) sebesar 0,000. Data tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikan < 0,05 sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak, hipotesis alternative (Ha) diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe gallelry walk terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Ajung Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Nivayatus Sayyadah
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:25
Last Modified: 15 Jul 2024 02:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35733

Actions (login required)

View Item View Item