Strategi Pembelajaran Guru Pai Dalam Mengembangkan Soft Skill Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Semboro Tahun Pelajaran 2023/2024.

Hasanah, Usfatun (2024) Strategi Pembelajaran Guru Pai Dalam Mengembangkan Soft Skill Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Semboro Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-061-PAI-2024)
Usfatun Hasanah_T20171156.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Usfatun Hasanah, 2024: Strategi Pembelajaran Guru Pai Dalam
Mengembangkan Soft Skill Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Semboro Tahun Pelajaran 2023/2024.
Soft Skill adalah kemampuan non akademik yang berupa kemampuan intrapersonal dan interpersonal. Kemampuan tersebut dapat mempermudah manusia dalam memahami diri sendiri, kelompok, maupun dengan Sang pencipta.
Soft Skill sangat penting untuk siswa, untuk itu dalam pembelajaran guru harus
menanamkan nilai-nilai soft skill. Namun, dalam realitanya masih banyak guru
yang belum menanamkan nilai-nilai soft skill dalam pembelajaran.
Fokus penelitian ini terbagi menjadi 2 yaitu (1) Bagaimana strategi
pembelajaran guru PAI dalam mengembangkan intrapersonal skill siswa kelas
VIII di SMP Negeri 1 Semboro tahun pelajaran 2023/2024. (2) Bagaimana
strategi pembelajaran Guru PAI dalam mengembangkan Interpersonal skill siswa
kelas VIII di SMP Negeri 1 Semboro tahun pelajaran 2023/2024.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
deskriptif kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya termasuk dalam penelitian
lapanagan (Field Reseacrch). Dalam menentukan subjek penelitian, peneliti
menggunakan teknik purposive sampling, dengan informasi satu guru dan dua
siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi,
obsevasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan model Miles and
Huberman yang terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, guru PAI menggunakan kombinasi strategi
pembelajaran kolaboratif dan strategi pembiasaan untuk bertangung jawab untuk
mengembangkan intrapersonal skill siswa : (1) Strategi pembelajaran kolaboratif
melibatkan aktivitas kelompok yang membantu siswa mengelola emosi,
mengembangkan empati, dan membangun hubungan yang sehat. (2) Strategi
pembiasaan mencakup penerapan nilai-nilai tanggung jawab, toleransi, kerjasama,
serta sikap menghargai dan menghormati orang lain. Selain itu, untuk
mengembangkan keterampilan interpersonal skill siswa : Guru PAI menggunakan
strategi pembelajaran kolaboratif. (1) Melalui Strategi pembelajaran kolaboratif,
siswa belajar bekerja sama, berbagi ide, dan mendengarkan pendapat orang lain.
(2) Strategi project based learning (PBL) mencakup keterampilan memimpin,
memotivasi anggota tim, mengambil keputusan. (3) Strategi presentasi dan
diskusi, memungkinkan siswa berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang
lain, serta menghargai kontribusi orang lain. (4) Strategi bermain peran
memperkuat kerjasama tim, berbagi ilmu, dan keterampilan berkomunikasi.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Guru PAI, Intrapersonal Skill,
Interpersonal Skill

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Usfatun Usfatun hasanah
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:12
Last Modified: 04 Jul 2024 08:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35734

Actions (login required)

View Item View Item