Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Tugas Mind Mapping Terhadap Kemampuan Metakognitif dan Minat Belajar Siswa Pada Materi Jaringan Tumbuhan Kelas XI IPA di MA Raudlatus Syabab Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Muzayyanah, Muzayyanah (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Tugas Mind Mapping Terhadap Kemampuan Metakognitif dan Minat Belajar Siswa Pada Materi Jaringan Tumbuhan Kelas XI IPA di MA Raudlatus Syabab Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-023-TADRIS-BIO-2024)
Skripsi Muzayyanah T20198125_watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB)

Abstract

Muzayyanah, 2024 : Pengaruh Model Pembelajaran Problem Baesed Learning dengan Tugas Mind Mapping terhadap Kemampuan Metakognitif dan Minat Belajar siswa pada pada Materi Jaringan Tumbuhan Kelas XI IPA di MA Raudlatus Syabab Sukowono Jember Tahun pelajaran 2023/2024

Kata Kunci : Pembelajaran problem based learning, mind mapping,kemampuan metakognitif, minat belajar siswa

Kemampuan metakognitif siswa sering kali diabaikan bahkan belum dilatih sama sekali. Sehingga, siswa tidak dapat mengontrol proses belajarnya dan berakibat kurang percaya diri dan minat belajar siswa pun menurun. Hal tersebut juga terjadi, karena guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional ceramah, yang membuat siswa pasif saat pembelajaran, sehingga minat belajar menurun dan hasil belajar pun rendah.Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui kemampuan metakognitif siswa setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Tugas Mind Mapping kelas XI IPA di MA Raudlatus Syabab Sukowono Tahun Pelajaran 2023/2024. 2) Mengetahui minat belajar siswa setelah dibelajarkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Tugas Mind Mapping kelas XI IPA di MA Raudlatus Syabab Sukowono Tahun Pelajaran 2023/2024. 3) Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Tugas Mind Mapping berpengaruh terhadap kemampuan metakognitif siswa pada materi jaringan kelas XI IPA di MA Raudlatus Syabab Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. 4) Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Tugas Mind Mapping berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada materi jaringan kelas XI IPA di MA Raudlatus Syabab Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2023/2024 ?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Experiment dengan bentuk penelitian Nonequivalent Control Group Post-test Only Design. Sampel penelitian sebanyak 72 siswa dengan 35 siswa kelas eksperimen dan 37 siswa kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Z.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Skor kemampuan metakognitif kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, yakni 68,57 > 62,86. 2) Skor minat belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, yakni 60,86 > 57,32. 3) Terdapat perbedaan skor rata-rata kemampuan metakognitif kelas eksperimen dan kontrol dengan nilai Sig. Uji Z 0,000 < 0,05. Artinya, model pembelajaran problem based learning dengan tugas mind mapping berpengaruh terhadap kemampuan metakognitif siswa. 4) Terdapat perbedaan rata-rata skor minat belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Sig. Uji Z 0,000 < 0,05. Artinya, terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Tugas Mind Mapping terhadap minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060702 Plant Cell and Molecular Biology
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Muzayyanah Muzayyanah
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:49
Last Modified: 04 Jul 2024 08:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35743

Actions (login required)

View Item View Item