SITI QORIATUL, FATIMAH (2021) Reward Umroh Dalam Memotivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatuth Thalabah Kesilir Wuluhan Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Siti Qoriatul Fatimah_T20171248.pdf Download (5MB) |
Abstract
Siti Qoriatul Fatimah, 2021: Reward Umroh Dalam Memotivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatuth Thalabah Kesilir Wuluhan Jember Kata Kunci : Reward Umroh, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam Pendidikan di dunia sekarang ini sangatlah pesat dan maju sehingga sumber daya manusia yang ada di dalamnya mempunyai kualitas yang cukup bagus, sehingga peningkatan kualitas sumber daya manusia sekarang ini harus didukung dengan adanya pendidikan. Melihat permasalahan tersebut perlu adanya penerapan reward pada peserta didik untuk meningkatkan motivasi belajar supaya lebih semangat dan giat dalam belajar. hal yang terjadi di SMK Nahdlatuth Thalabah Kesilir banyak dari peserta didik yang masih berpendirian bahwa semua rezeki datangnya dari Allah dan banyak dari mereka yang kekurangan dalam segi prestasi kemudian lebih memilih untuk tetap berkomitmen pada diri dan kemampuan mereka dengan standart yang hampir sama. Untuk mencapai tujuan dalam prestasi pendidik memunculkan reward umroh dengan memberikan motivasi dalam belajar upaya meningkatkan prestasi belajar melalui peran guru. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana implementasi pemberian reward dalam meningkatkan motivasi belajar PAI di SMK Nahdlatuth Thalabah? 2) bagaimana evaluasi pemberian reward dalam meningkatkan motivasi belajar PAI di SMK Nahdlatuth Thalabah? Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendiskripsikan implementasi pemberian reward dalam meningkatkan motivasi belajar PAI di SMK Nahdlatuth Thalabah. 2) untuk mendiskripsikan evaluasi pemberian reward dalam meningkatkan motivasi belajar PAI di SMK Nahdlatuth Thalabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah study kasus yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan dan dokumentasi. Analisis data, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) pemberikan reward kepada peserta didik yang berprestasi, kriteria yang masuk nominasi terdiri dari lima kriteria yaitu nilai ujian nasional terbaik, nilai ujian sekolah terbaik, nilai keagamaan (Diniah), nilai keaktifan dalam keorganisasian dan prestasi yang pernah diraih. Dalam pelaksanaan pemberian reward untuk meningkatkan motivasi belajar PAI di SMK Nahdlatuth Thalabah terdiri dari: ada beberapa faktor penghambat da faktor pendukung, faktor penghambat dan faktor pendukung yaitu terdapat pada saat pemberangkatan reward umroh yang dikarenakan pandemi dan untuk pendukung dari semua dewan guru. 2) Evaluasi pemberian reward dalam meningkatkan motivasi belajar PAI di SMK Nahdlatuth Thalabah yaitu untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dan mendapatkan reward umroh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 02:28 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 02:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3576 |
Actions (login required)
View Item |