Implementasi Peraturan Bupati Jember Nomor 87 Tahun 2021 Tentang Kawasan Tanpa Rokok (Studi di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)

Indriyani, Susi (2024) Implementasi Peraturan Bupati Jember Nomor 87 Tahun 2021 Tentang Kawasan Tanpa Rokok (Studi di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-025-HTN-2024)
SKRISI SUSII Watermark).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Susi Indriani, 2024: IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI JEMBER NOMOR 87 TAHUN 2021 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK
(Studi Di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember )

Kata Kunci : Kebijakan Publik, Kawasan Tanpa Rokok

Dalam Peraturan Bupati Jember Nomor 87 Tahun 2021 Tentang Kawasan Tanpa Rokok adalah ruangan dan area dengan batas pagar terluar yang dinyatakan dilarang untuk kegiatan merokok, atau kegiatan memproduksi, menjual, mengiklankan dan/atau mempromosikan produk tembakau. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember adalah salah satu tempat proses belajar mengajar yang berkedudukan di wilayah kerja kabupaten jember. Akan tetapi sampai saat ini, belum membuat sebuah kebijakan yang mengatur Kawasan Tanpa Rokok dan di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember belum menjalankan dengan maksimal terhadap kebiajakan peraturan bupati tentang kawasan tanpa rokok.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini memiliki 3 fokus penenlitian yaitu: 1) Bagaimana Implementasi Peraturan Bupati Jember No. 87 Tahun 2021 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember? 2) Apa yang menjadi faktor penghambat implementasi Peraturan Bupati Jember No. 87 Tahun 2021 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember? 3) Bagaimana tindakan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dalam menanggapi Peraturan Bupati Jember No. 87 Tahun 2021 tentang Kawasan Tanpa Rokok?
Metodologi dan desain penelitian menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Langkah ini peneliti harus mendeskripsikan suatu obyek, fenomena, atau setting sosial yang akan dituangkan dalam tulisan yang bersifat naratif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian di analisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan penelitian ini: 1) Peraturan Bupati Jember No. 87 Tahun 2021 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember belum di implementasikan secara nyata yang mana tidak di lakukan sosialisasi di kampus, sehingga belum menunjukan hasil atau dampak langsung (policy effect) yang cukup signifikan. 2) Faktor penghambat dalam penghambat implementasi Peraturan Bupati Jember No. 87 Tahun 2021 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember yaitu mahasiswa yang apatis. 3) Tindakan pihak kampus Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dalam menanggapi Peraturan Bupati Jember No. 87 Tahun 2021 tentang Kawasan Tanpa Rokok yaitu serius dalam mengupayakan terkait adanya kebijakan tersebut, dengan dikeluarkan himbauan atau peeraturan tentang kawasan bebas rokok sebagaimana dimuat dalam surat edaran Sk rector tentang larangan merokok di dalam kampus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180104 Civil Law and Procedure
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180122 Legal Theory, Jurisprudence and Legal Interpretation
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ms Susi Indriyani
Date Deposited: 05 Jul 2024 03:07
Last Modified: 05 Jul 2024 03:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35769

Actions (login required)

View Item View Item