PERAN BALAI LATIHAN KERJA (BLK) DALAM MENGURANGI TINGKAT PENGANGGURAN DI KABUPATEN JEMBER

Aisyah, Seli Nur (2024) PERAN BALAI LATIHAN KERJA (BLK) DALAM MENGURANGI TINGKAT PENGANGGURAN DI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-041-ES-2024)
SKRIPSI FIX SELINA (BENDEL)-2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Seli Nur Aisyah, Dr. Hj. Nurul Widyawati I.R. S.Sos., M.Si : Peran Balai Latihan Kerja (BLK) Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran Di Kabupaten Jember

Balai Latihan Kerja merupakan Unit Pelaksana Teknis dengan tugas yaitu melaksanakan program pemerintah dalam kegiatan memberi, memperoleh, meningkatkan serta mengembangkan kompetensi kerja pada masyarakat dengan usia angkatan kerja yang belum bekerja atau mencari pekerjaan.
Pengangguran merupakan kondisi dimana seseorang sedang tidak aktif bekerja atau tidak mempunyai pekerjaan. Banyak faktor yang menjadi latar belakang para pencari kerja di usia kerja tidak segera mendapatkan pekerjaan, mulai dari ketersediaan lapangan pekerjaan yang sedikit dengan jumlah angkatan yang banyak, kemampuan yang tidak memenuhi kualifikasi, minimnya informasi terkait informasi lowongan pekerjaan, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dan lain sebagainya. Dalam hal ini Balai Latihan Kerja Jember diharapkan mampu menjalankan perannya sebagai salah satu solusi dalam menghadapi masalah penggaguran yang ada di Kabupaten Jember.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti memfokuskan penelitian dengan lingkup yaitu : 1. Bagaimana peran Balai Latihan Kerja dalam menanggulangi masalah pengangguran di Kabupaten Jember?, 2. Bagaimana peran Balai Latihan Kerja Kabupaten Jember terhadap pendampingan alumni Balai Latihan Kerja?, 3Apa kendala yang dihadapi Balai Latihan Kerja Kabupaten Jember dalam menjalankan perannya?.
Sesuai pada fokus penelitian, ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini. Tujuan tersebut antara lain untuk mengetahui peran Balai Latihan Kerja dalam menanggulangi masalah pengangguran di Kabupaten Jember, mengetahui peran Balai Latihan Kerja Kabupaten Jember terhadap pendampingan alumni Balai Latihan Kerja dan menganalisis apa kendala yang dihadapi Balai Latihan Kerja Kabupaten Jember dalam menjalankan perannya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah deskriptif. Dalam menentukan informan peneliti menggunakan Teknik purposive yaitu pertimbangan memilih informan yang dianggap mengetahui informasi terkait permasalahan yang akan diteliti. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah Peran balai latihan kerja Jember dalam rangka membantu pemerintah mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Jember sudah cukup baik. Konsistensi pelaksanaan program-program BLK mulai dari sosialisasi Balai Latihan Kerja kepada masyarakat luas, proses pelatihan hingga berujung pada program pendampingan merupakan kiat yang dilakukan Balai Latihan Kerja Jember dalam rangka mencapai tujuannya.
Terkait dengan peran BLK Jember dalam hal kontribusinya terhadap alumni pelatihan, dengan tujuan menyalurkan tenaga kerja kepada perusahaan sesuai permintaan. BLK akan menghubungi alumni melaui WhatsApp. BLK juga menyebarkan info lowongan kerja melalui sosial media BLK. Kemudian terkait kendala, BLK terkendala pada peralatan yang terbatas, kemudian motivasi para peserta dan juga tenaga instruktur yang belum memadai.

Kata Kunci: Peran, Pemberdayaan Masyarakat, Pengangguran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Seli Nur Aisyah
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:56
Last Modified: 04 Jul 2024 08:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35771

Actions (login required)

View Item View Item