Pengembangan Media Edukasi Majalah Digital Keragaman Budaya dalam Pembelajaran IPAS Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 pada Peserta Didik Kelas IV B MI Al-Hidayah Jember

Putri, Risanatih Maulida (2024) Pengembangan Media Edukasi Majalah Digital Keragaman Budaya dalam Pembelajaran IPAS Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 pada Peserta Didik Kelas IV B MI Al-Hidayah Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-055-PGMI-2024)
Risanatih Maulida Putri_202101040042_skripsi - digilib.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB)

Abstract

Risanatih Maulida Putri, 2024: Pengembangan Media Edukasi Majalah Digital Keragaman Budaya dalam Pembelajaran IPAS Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 pada Peserta Didik Kelas IV B di MI Al-Hidayah Jember

Kata Kunci: Majalah Digital, Augmented Reality, Keterampilan Abad 21

Perkembangan teknologi digital di media pembelajaran tidak mengurangi peran guru dalam mengembangkan, mengawasi, dan menerapkan media pembelajaran. Media yang menarik dan komunikatif dapat mendorong peserta didik untuk ingin belajar. Pengembangan majalah digital keragaman budaya berbasis Augmented Reality (AR) menjadi salah satu jenis media yang mampu memberikan pembelajaran secara efisien, efektif, dan tidak monoton. Hal ini dapat membantu peserta didik meningkatkan kemampuan abad 21 yang terdiri dari berpikir kritis, berpikir kreatif, berkolaborasi, dan berkomunikasi di era modern.
Tujuan dari pengembangan majalah digital, diantaranya: 1) Untuk menghasilkan produk dan mengetahui tahap pengembangan media edukasi majalah digital keragaman budaya dalam pembelajaran IPAS berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan keterampilan abad 21 pada peserta didik kelas IV B MI Al-Hidayah Jember; 2) Untuk menguji kelayakan dan kevalidan pengembangan media edukasi majalah digital keragaman budaya dalam pembelajaran IPAS berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan keterampilan abad 21 pada peserta didik kelas IV B MI Al-Hidayah Jember; 3) Untuk medeskripsikan keefektifan pengembangan media edukasi majalah digital keragaman budaya dalam pembelajaran IPAS berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan keterampilan abad 21 pada peserta didik kelas IV B MI Al-Hidayah Jember.
Metode penelitian menggunakan Research and Development dengan model pengembangan ADDIE, diantaranya analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dengan menggunakan pretest-posttest, wawancara, angket, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Majalah digital keragaman budaya berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan keterampilan abad 21 peserta didik dengan menggunakan model pengembangan ADDIE; 2) Kelayakan dan kevalidan produk majalah digital diperoleh rata-rata 85,69% dengan kualifikasi valid dan ekuivalen layak; 3) Keefektifan produk majalah digital diperoleh rata-rata 90,09% di kelas IV A dan 96% di kelas IV B dengan kriteria sangat menarik dan diperoleh hasil signifikasi 0,001 < 0,05 yang menyatakan adanya pengaruh serta perbedaan rata-rata nilai hasil belajar kelas IV A (kelas kontrol) tanpa uji coba produk dengan kelas IV B (kelas eksperimen) yang telah melakukan uji coba produk media edukasi majalah digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190299 Film, Television and Digital Media not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200204 Cultural Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Risanatih Maulida Putri
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:50
Last Modified: 15 Jul 2024 01:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35794

Actions (login required)

View Item View Item