Penerapan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Fikih Materi Sholat Berjama'ah Kelas VII G Di MTs Negeri 1 Jember.

Agustin, Rizka Amalia (2024) Penerapan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Fikih Materi Sholat Berjama'ah Kelas VII G Di MTs Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-135-PAI-2024)
Rizka Amalia Agustin (204101010061).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini didasari pada penerapan metode pembelajaran yang belum sesuai menjadi kendala dalam mencapai tujuan pembelajaran perlu adanya terobosan baru dalam mengkontruksikan suasana menjadi aktif dan penuh semangat menggunakan Mind Mapping guna memperoleh pemahaman yang utuh.
Fokus penelitian meliputi 1) Bagaimana penerapan metode Mind Mapping pada pembelajaran Fikih materi Sholat Berjama‟ah kelas VII G di MTs Negeri 1 jember, 2) Bagaimana evaluasi metode Mind Mapping pada pembelajaran Fikih materi Sholat Berjama‟ah kelas VII G di MTs Negeri 1 Jember.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penerapan metode
Mind Mapping pada pembelajaran Fikih materi Sholat Berjama‟ah kelas VII G di MTs Negeri 1 jember, 2) Medeskripsikan evaluasi metode Mind Mapping pada pembelajaran Fikih materi Sholat Berjama‟ah kelas VII G di MTs Negeri 1 Jember.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan Mind Mapping dilakukan melalui tiga tahap yaitu pendahuluan, inti, dan penutup, 2) Evaluasi pembelajaran menggunakan Mind Mapping berupa assessmen formatif dalam bentuk tugas penilaian berbasis proyek membuat Mind Mapping pada materi Sholat Berjama‟ah dengan indikator penilaian terdiri dari : 1) kelengkapan materi, 2) presentasi, 3) kreatifitas dan keterampilan, 4 ) kerja sama.
Kata Kunci : Penerapan Mind Mapping, Pembelajaran Fikih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizka Amalia Agustin
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:38
Last Modified: 05 Jul 2024 02:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35797

Actions (login required)

View Item View Item