Dodik, M (2024) Penerapan Metode Muroja’ah Dalam Meningkatkan Hafalan Surat-Surat Munjiyat Siswa Kelas Xii Di Ma Darun Najah Patrang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-168-PAI-2024)
SKRIPSI M. DODIK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci : Metode muraja‟ah; meningkatkan hafalan; surat-surat munjiyat
Pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an merupakan salah satu sarana untuk
mengembangkan potensi peserta didik dalam memahami Al-Qur‟an. Adanya
metode – metode dalam pembelajaran tahfidz Qur‟an sangat membantu dalam
proses pembelajaran agar sesuai dengan tujuan yang ditetapkan, salah satunya
adalah metode muraja‟ah. Metode muraja‟ah pada pembelajaran Tahfidz AlQur‟an merupakan metode yang dapat melatih siswa dalam membaca dan
menghafal Al-Qur‟an sesuai kaidah tajwid dan makhrojul khuruf sekaligus dapat
menjaga hafalannya.
Adapun fokus penelitian ini dilakukan adalah untuk menggali data berupa,
pertama bagaimana pandangan guru terhadap efektivitas metode muroja‟ah dalam
membantu siswa meningkatkan hafalan surat-surat munjiyat di MA Darun Najah?.
Kedua, apa saja tantangan-tantangan yang dihadapi guru dalam menerapkan
metode muroja‟ah dan strategi yang digunakan untuk mengatasinya?. Ketiga,
Bagaimana pandangan guru tentang peran konteks budaya, sosial, dan pendidikan
dalam penerapan metode muroja‟ah?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus di Madrasah Aliyah Darun Najah Patrang Jember. Pengumpulan data
dilakukan dengan observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.
Analisis datanya menggunakan teknik kondensasi data, penyajian data, lalu
penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Para guru mempunyai perspektif yang
sama terkait efektivitas metode muraja‟ah dalam meningkatkan hafalan surat-surat
munjiyat di MA Daru Najah itu terbilang efektif. 2) tantangan yang dihadapi oleh
guru adalah berupa problem kompleks yang dialami oleh para siswa diantaranya;
a) Kurang fokusnya Siswa pada saat Muraja‟ah dan, b) sikap malas yang
ditunjukkan siswa. Kedua problem tersebut kemudian dicarikan sebuah strategi
untuk menyelesaikannya, diantaranya, a) menambah kuantitas waktu untuk
muraja‟ah dan, b) melaksanakan prosesi wisuda munjiyat bagi para siswa yang
telah dinyatakan lulus atau sudah hafal semua surat munjiyat. 3) Beberapa faktor
teknis dan non-teknis yang secara tidak langsug (konteks budaya, sosial dan
Pendidikan) memberikan pengaruh pada efektivitas metode muraja‟ah di MA
Darun Najah, diantaranya Iklim Budaya Pendidikan yang Optimal, Tidak adanya
diferensiasi dan stratifikasi sosial dan Integrasi pesantren dan sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M Dodik |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 02:22 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 02:22 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35802 |
Actions (login required)
View Item |