Penerapan Metode Numbered Heads Together Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Mitra Patrang Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Faizin, Abdul Rohim Al (2024) Penerapan Metode Numbered Heads Together Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Mitra Patrang Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
213206030015 Abdul Rohim Al Faizin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Faizin, Abdul Rohim Al. 2024. Penerapan Metode Numbered Heads Together Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Mitra Patrang, Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata kunci: Numbered Heads together, Kemampuan Berpikir Krtitis, Pendidikan Agama Islam

Pemanfaatan metode yang sesuai dalam pembelajaran dapat memfasilitasi pengembangan beragam keterampilan penting bagi peserta didik, seperti berpikir kritis. Keterampilan Berpikir Kritis memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar secara signifikan. Oleh karena itu, tujuan utama penelitian ini adalah untuk meneliti penerapan metode Numbered Heads Together dalam menumbuhkan kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Mitra Patrang tahun akademik 2023/2024.
Penelitian ini berfokus pada 1) Bagaimana penerapan metode Numbered Heads Together dalam menumbuhkan kemampuan menganalisis? 2) Bagaimana penerapan metode Numbered Heads Together dalam menumbuhkan kemampuan mengevaluasi? 3) Bagaimana penerapan metode Numbered Heads Together dalam menumbuhkan kemampuan mencipta?
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Penerapan metode Numbered Heads Together dalam menumbuhkan 1) kemampuan menganalisis, 2) kemampuan mengevaluasi dan 3) kemampua mencipta pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Mitra Patrang tahun pelajaran 2023/2024
Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, penelitian ini dilakukan di SMP Mitra Patrang yang berlokasi di Jember, Jawa Timur, Indonesia. Proses pengumpulan data meliputi wawancara, pengamatan, dan kajian dokumen. Secara metodologis, data dianalisis menggunakan model interaktif yang diuraikan oleh Miles, Huberman, dan Saldana. Memastikan validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber, serta teknik triangulasi dan teori triangulasi.
Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, 1) pada tahap menganalisis dimulai dengan menampilkan video terkait materi pembelajaran, diikuti dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa (questioning), hal ini membantu peserta didik dalam menentukan dan memilih informasi yang sesuai dengan materi pelajaran. 2) Selanjutnya, pada tahap evaluasi dilakukan melalui diskusi kelompok (heads together), memungkinkan siswa untuk menilai sudut pandang satu sama lain dan secara kolektif menyusun jawaban atas pertanyaan yang diajukan. 3) Terakhir, tahap mencipta, dilakukan dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyusun argumen atau jawaban dari pertanyaan yang diberikan, kemudian guru memanggil siswa secara acak untuk menjelaskan jawabannya (answering).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abdul Rohim Al Faizin
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:50
Last Modified: 05 Jul 2024 02:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35804

Actions (login required)

View Item View Item