Hubungan Antara Goal Orientation Dengan Self Regulated Learning Pada Santri Putri Pondok Pesantren Mambaul Ulum Paiton Probolinggo

Sholehah, Dana Jazilatus (2024) Hubungan Antara Goal Orientation Dengan Self Regulated Learning Pada Santri Putri Pondok Pesantren Mambaul Ulum Paiton Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dana Jazilatus Sholehah_205102050002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pesantren adalah suatu lembaga yang memberikan pendidikan kepada para santrinya melalui penggunaan masjid sebagai tempat belajar dan seorang kiai (guru) yang mengajar dan membimbing mereka. Asrama atau pemondokan sebagai tempat tinggal para santri. Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang sangat tua dan telah berkembang selama ratusan tahun. Setidaknya terdiri dari lima komponen utama: pondok, masjid, pengajaran ilmu agama, kiyai, dan santri. Setiap santri memiliki goalnya masing-masing dalam belajar, Perbedaan goal ini seringkali disebut dengan goal orientation. Padatnya kegiatan pesantren yang diberikan menuntut santri untuk dapat mengatur cara belajarnya dengan lebih optimal agar mendapat prestasi yang baik dan dapat mengikuti semua kegiatan yang telah diberikan oleh pesantren. Bagaimana santri mengatur cara belajarnya disebut juga dengan self regulated learning.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara goal orientation dengan self regulated learning dan apakah goal orientation yang dominan pada santri putri Pondok Pesantren Mambaul Ulum Paiton Probolinggo?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara goal orientation dengan self regulated learning dan untuk mengetahui goal orientation apa yang dominan pada santri putri Pondok Pesantren Mambaul Ulum Paiton Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Dengan jumlah sampel sebanyak 110 santri putri wilayah Al-Hikmah dari total populasi 165 santri putri. Penentuan sampel berdasarkan metode random sampling, dan pedoman pengambilan jumlah sampel menggunakan Tabel Issac and Michael dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner penelitian yang berisi skala goal orientation dan Self Regulated Learning. Dan menganalisis data menggunakan korelasi product moment pearson.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara goal orientation dengan self regulated learning, berdasarkan uji hipotesis yang menunjukkan hasil pearson correlation dengan nilai 0,673. Dengan nilai signifikasi 0,000. Maka dapat dijelaskan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dan ditemukan bahwa santri putri Pondok Pesantren Mambaul Ulum Paiton Probolinggo lebih dominan terhadap goal orientation dengan aspek mastery orientation. Dengan nilai analisis faktor yang menunjukkan bahwa nilai yang dominan terhadap 7 indikator aspek mastery orientation.

Goal Orientation, Self Regulated Learning, Santri Putri Pondok Pesantren Mambaul Ulum Paiton Probolinggo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Dana Jazilatus Sholehah
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:26
Last Modified: 05 Jul 2024 02:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35807

Actions (login required)

View Item View Item