Penerapan Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islamdan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ghozali.

NEMAN, AGUSTONO (2020) Penerapan Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islamdan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ghozali. Undergraduate thesis, Pendidikan Agama Islam Pascasarjana.

[img] Text
NEMAN AGUSTONO_0849316015.pdf

Download (11MB)

Abstract

Nema Agustono, 2020. Penerapan Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islamdan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ghozali. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Jember. Kata Kunci: Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Pendidikan Agama Islam Kompetensi inti dan kompetensi dasar merupakan hal yang penting bagi setiap perangkat pendidikan, karena melalui kompetensi tersebut, setiap proses pembelajaran dapat tersusun, dan terencana dengan baik sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan baik pula. Selain itu Kompetensi dalam setiap mata pelajaran telah disesuaikan dengan karakteristik peserta didik pada umumnya, agar peserta didik dapat memahami dengan baik. Dipahami tidaknya kompetensi ini bergantung kepada usaha yang dilakukan oleh lembaga satuan pendidikan hususnya guru dalam menerapkan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan kedalam suasana pembelajaran yang menyenangkan. Penerapan kompetensi inti ini harus betul-betul diperhatikan agar tujuan membangun watak bangsa yang beriman bertakwa dan berakhlak mulia betul-betul terwujud. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penerapan kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMPIT Al-Ghozali. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Untuk mengumpulkan data digunakan beberapa metode yaitu, observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian data yang telah terkumpul tersebut dianalisis dengan teorinya Miles dan Huberman yaitu: Reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk menguji kabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan Penerapan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP-IT Al-Ghozali ialah dengan pembuatan perangkat pembelajaran seperti Prota, Promes, Silabus dan RPP. Juga pembuatan struktur kepengurusan, jadwal kegiatan, dan pembagian kelompok untuk kegiatan rutin. 2) Pelaksanaan Penerapan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP-IT Al-Ghozali di terapkan dengan dua cara yaitu melalui pembelajaran langsung dan melalui kegiatan rutin. Kompetensi sikap dilaksanakan melalui kegiatan rutin seperti ODOP (One Day One Paper), tilawah harian, program BPI (Bina pribadi Islami), Majlis takon, dan MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa), sholat dhuha, sholat jum’at, sholat duhur dan asar berjama’ah, Ma’tsurat, dan ke akhawatan. Kompetensi Pengetahuan dilaksanakan dengan menerapkan pendekatan saintifik dengan model descovery learning. Kompetensi keterampilan di SMP-IT al-ghozali dilaksanakan dengan metode simulasi, demontrasi, Penugasan Terstruktur dan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur. 3) Evaluasi Penerapan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP-IT Al-Ghozali dilakukan dengan Supervisi dan Peilaian Autentik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 06 Apr 2022 01:33
Last Modified: 06 Apr 2022 01:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3581

Actions (login required)

View Item View Item