SITI MAULIDI, NANISA (2021) Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Melalui Kegiatan Santunan Anak Yatim Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Siti Maulidi Nanisa_T20171006.pdf Download (6MB) |
Abstract
Siti Maulidi Nanisa ,2021: Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Melalui Kegiatan Santunan Anak Yatim Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Santunan Pendidikan karakter adalah pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak, yang bertujuan mengembangkan kemampuan siswa untuk memberikan keputusan baik-buruk, memelihara kebaikan, mewujudkan dan menebarkan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati. Fokus penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa dalam kegiatan santunan anak yatim di MAN 3 Jember? 2) Apa faktor penghambat dan faktor pendukung dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter melalui kegiatan santunan anak yatim di MAN 3 Jember ? Tujuan penelitian ini yaitu untuk :1) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam kegiatan santunan anak yatim di MAN 3 Jember 2) Untuk mengetahui factor penghambat dan factor pendukung dalam kegiatan santunan anak yatim di MAN 3 Jember. Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yang digunakan adalah teknik purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis kualitatif model Miles, Huberman, dan Saldana. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu : 1) Menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada siswa dalam kegiatan santunan anak yatim di MAN 3 Jember yaitu, dengan dari karakter religious dengan membentuk sikap dan perilaku yang patuh dalam agamanya. Kalau karakter tanggung jawab yaitu dengan mengharapkan siswa mempunyai integritas bertanggung jawab apa yang dilakukan atau bertanggung jawab dengan apa yang dia punya seperti mempunyai harta bagaimana dia bisa mengelola atau menyisihkan sebagian hartanya untuk orang lain. Kalau karakter toleransi dengan mengajarkan anak untuk beranggapan bahwa lingkungan masayarakat itu tidak sama dengan dirinya. Kalau pendidikan karakter peduli sosial dengan mengajarkan anak untuk membaca keadaan temannya dengan begitu dia akan paham bahwa orang yang masih membutuhkan orang lain. 2) Faktor Pendukung yaitu adanya dukungan dari semua warga sekolah MAN 3 Jember seperti kepala sekolah, dewan guru, siswa-siswi dan karyawan. Kalau kendalanya tidak bisa mengumpulkan uang dengan cepat dan membutuhkan waktu yang cukup lama, karena bukan system iuran tapi system pakek omplongan jadi tidak bisa ditarget.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 22 Mar 2022 07:04 |
Last Modified: | 22 Mar 2022 07:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3582 |
Actions (login required)
View Item |