Pengaruh Model Pembelajaran Direct Intruction Berbantuan Media Audio Visual pada Sub Materi Sistem Sirkulasi Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA di SMAN Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Faidah, Iin (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Direct Intruction Berbantuan Media Audio Visual pada Sub Materi Sistem Sirkulasi Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA di SMAN Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-016-TADRIS-BIO-2024)
IIN FAIDAH_T20188063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Iin Faidah, 2024: Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Media Audio Visual pada Sub Materi Sistem Sirkulasi Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA di SMAN UMBULSARI JEMBER Tahun Pelajaran 2023/2024
Kata Kunci: Model Pembelajaran Direct Instruction, Media Audio Visual, Minat Belajar, Hasil Belajar

Model pembelajaran direct instruction yang dipadukan dengan media audio visual merupakan perpaduan model pembelajaran yang berpusat pada guru pada penerimaan informasi dan terstruktur dalam pembelajaran melalui pemanfaat media audio visual sehingga mampu menumbuhkan minat belajar siswa yang berdampak terhadap hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui minat belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran direct instruction berbantuan media audio visual pada sub materi sistem sirkulasi kelas XI IPA di SMAN Umbulsari Jember tahun pelajaran 2023/2024 2) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran direct instruction berbantuan media audio visual pada sub materi sistem sirkulasi kelas XI IPA di SMAN Umbulsari Jember tahun pelajaran 2023/2024 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran direct instruction berbantuan media audio visual terhadap minat belajar siswa pada sub materi sistem sirkulasi kelas XI IPA di SMAN Umbulsari Jember tahun pelajaran 2023/2024 4) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran direct instruction berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada sub materi sistem sirkulasi kelas XI IPA di SMAN Umbulsari Jember tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan design nonequivalet group posttest only design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Purposive sampling. Adapun kelas yang diambil sebagai sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa posttest, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji Z.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Minat belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran direct instruction berbantuan media audio visual memiliki rata-rata lebih tinggi sebesar 74,08 dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 66,61. 2) Hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran direct instruction berbantuan media audio visual memiliki rata-rata lebih tinggi sebesar 84,16 dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 77,5. 3) Terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran direct instruction berbantuan media audio visual terhadap minat belajar siswa kelas XI di SMAN Umbulsari Jember, dibuktikan dari hasil uji Z dengan signifikansi sebesar 0,000. 4) Ada pengaruh yang signifikan pasca penerapan model pembelajaran direct instruction berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMAN Umbulsari Jember, dibuktikan dari hasil uji Z dengan signifikansi sebesar 0,004.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1102 Cardiorespiratory Medicine and Haematology > 110201 Cardiology (incl. Cardiovascular Diseases)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mahasiswa Iin Faidah
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:57
Last Modified: 05 Jul 2024 01:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35840

Actions (login required)

View Item View Item