Peran guru dalam pendidikan karakter tanggung jawab pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas vii sekolah menengah pertama muhammadiyah 21 Laren Lamongan

Aviani, Helda (2024) Peran guru dalam pendidikan karakter tanggung jawab pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas vii sekolah menengah pertama muhammadiyah 21 Laren Lamongan. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-047-TADRIS-IPS-2024)
Helda Aviani_T20179011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Helda Aviani, 2024: Peran guru dalam pendidikan karakter tanggung jawab pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas vii sekolah menengah pertama muhammadiyah 21 Laren Lamongan
Kata kunci: Peran Guru, Pendidikan Karakter, Tanggung Jawab
Era modern saat ini mampu melahirkan perubahan baik dari cara interaksi, komunikasi, bekerja dan bahkan cara belajar. Adanya inovasi ini tentu memiliki menfaat bagi manusia karena dengan lahirnya berbagai model pembelajaran maka akan mempermudah peserta didik dalam menerima materi. Pembentukan karakter tanggung jawab dapat diterapkan melalui kegitan pembelajaran internal dan eksternal. Tanggung Jawab merupakan salah satu sikap yang harus dibentuk agar siswa dapat mempertanggungjawabkan apa yang telah dilakukannya.Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) bagaimana peran guru IPS dalam Pendidikan karakter tanggung jawab dalam pembelajaran IPS kelas VII di SMPM 21 Laren Lamongan ? (2) bagaimana pelaksanaan Pendidikan karakter dalam membentuk karakter bertanggung jawab dalam pembelajaran IPS kelas VII di SMPM 21 Laren Lamongan?
Penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan, wawancara semi structure dan dokumen. Teknik penentuan informan menggunakan purposive dengan subyek penelitian: Kepala SMPM 21 Laren Lamongan, Guru IPS, dan siswa-siswi. Analisis data menggunakan analisis model miles dan huberman, keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pelaksanaan pembentukan karakter bertanggung jawab di sekolah khususnya di kelas VII ini dimana peran guru mata pelajaran IPS terpadu tidak hanya terfokus dalam aspek pengetahuan yang harus diajarkan kepada peserta didik namun juga mengintegrasikan karakter bertanggung jawab kedalam setiap pembelajaran yang dilakukan didalam kelas dan di luar kelas melalui pembiasaan yang selalu diterapkan, 2 pelaksanaan Pendidikan karakter dalam membentuk karakter bertanggung jawab dalam pembelajaran IPS di SMPM 21 Laren Lamongan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Helda Aviani
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:31
Last Modified: 09 Jul 2024 03:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35860

Actions (login required)

View Item View Item