Internalisasi Nilai Religius Melalui Pembinaan Keagamaan Di Pondok Pesantren Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember

Citra Sakina, Amalda (2024) Internalisasi Nilai Religius Melalui Pembinaan Keagamaan Di Pondok Pesantren Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-147-PAI-2024)
AMALDA CITRA SAKINA (T20191477).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Amalda Citra Sakina, 2023: Internalisasi Nilai Religius Melalui Pembinaan Keagamaan Di Pondok Pesantren Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember.
Kata Kunci: Internalisasi Nilai Religius, Pembinaan Keagamaan
Pembinaan Keagamaan merupakan Kegiatan untuk meningkatkan kualitas ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa, intelektual, sikap dan perilaku santri. di Pondok Pesantren Annuriyyah ini menanamkan metode Pembinaan yang baik untuk ditanamkan kepada diri santri sehingga dapat menghadirkan rasa Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, mempunyai sifat keteladanan ynag baik serta memiliki nilai religius yang tinggi. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di Pondok Pesantren Annuriyyah.
Fokus pada penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana Internalisasi Nilai Religius Melalui Metode Pembiasaan di Pondok Pesantren Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember?, 2) Bagaimana Internlisasi Nilai Religius Melalui Metode Keteladanan di Pondok Pesantren Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember? Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Untuk mendeskripsikan Internalisasi Nilai Religius Melalui Metode Pembiasaan di Pondok Pesantren Annuriyyah Kaliwining Rrambipuji Jember. 2) Untuk mendeskripsikan Internalisasi Nilai Religius Melalui Metode Keteladanan di Pondok Pesantren Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan : 1) Observasi , 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Serta, keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini, yaitu 1). Internalisasi Nilai Religius Melalui Metode Pembiasaan di Pondok Pesantren Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember dilaksanakan dalam bentuk kegiatan Sholat Berjamaah, Sholat malam, istighosah, mengaji Al-qur’an, Mengaji kitab kuning, membaca rotibul haddad, dzikir dan puasa senin-kamis. Kegiatan ini dilakukan untuk menginternalisasikan Nilai Religius Ibadah. Agar para santri tetap istiqomah melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut tidak luput dari dukungan pengasuh dan ustadzah seperti menyediakan buka puasa gratis bagi para santri yang menjalankan puasa. Dan ada juga kendala yang dialami oleh para santri yaitu kurangnya sarana bersuci dikarenakan memang lingkungan pondok yang tidak terlalu luas. 2) Internalisasi Nilai Religius Melalui Metode Keteladanan di Pondok Pesantren Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember sebagaimana diketahui bahwa Internalisasi Nilai religius melalui keteladanan di pondok Annuriyyah ini termasuk dalam Nilai Religius Akhlaq yaitu melalui Hubungan antara Kiai, Ustadzah dengan Santri ataupun sesama santri agar lebih saling menghormati antar sesama, melalui contoh nyata yang langsung diberikan oleh pengasuh dan ustadzah seperti mencontohkan perilaku sopan santun, mengajarkan kedisiplinan, seperti datng tepat waktu saat ingin mengimami sholat dan menghadiri kegiatan-kegiatan lainnya. Dengan begitu para santri bisa dengan sendirinya melalukan perilaku teladan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Amalda Citra Sakina
Date Deposited: 05 Jul 2024 06:55
Last Modified: 05 Jul 2024 06:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35877

Actions (login required)

View Item View Item