Penerapan Akad Murabahah Dan Akad Rahn Pada Produk Pegadaian Mulia Di Unit Pegadaian Syariah Lumajang

Septia Hidaya, Elmis (2024) Penerapan Akad Murabahah Dan Akad Rahn Pada Produk Pegadaian Mulia Di Unit Pegadaian Syariah Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elmis Septia Hidaya 204105030104.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Pegadaian Syariah memiliki berbagai produk yang beragam. Salah satu produk yang menarik perhatian dan minat nasabah merupakan produk Pegadaian Mulia yaitu suatu produk yang memberikan penawaran pembiayaan atau transaksi pembelian emas batangan secara cicilan kepada masyarakat, dimana produk mulia ini bisa dijadikan alternatif pilihan investasi yang aman guna mewujudkan kebutuhan di masa mendatang. Produk ini memiliki berat gram yang bervariasi mulai dari 0,5 gram sampai 1 kg dengan prosedur pada sistem cicilannya dimulai dari 3 bulan sampai 36 bulan dilengkapi dengan biaya administrasi dan uang muka yang bertujuan untuk mengikat harga logam mulia saat transaksi pembiayaan berlangsung.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan akad murabahah dan akad rahn pada produk pegadaian mulia di Unit Pegadaian Syariah Lumajang, 2) Bagaimana analisa perkembangan nasabah pada produk pegadaian mulia di Unit Pegadaian Syariah Lumajang.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan akad murabahah dan akad rahn pada produk pegadaian mulia di Unit Pegadaian Syariah Lumajang, 2) Untuk mengetahui analisa perkembangan nasabah pada produk pegadaian mulia di Unit Pegadaian Syariah Lumajang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Unit Pegadaian Syariah Lumajang. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Triangulasi sumber dan triangulasi metode digunakan untuk menguji keabsahan data.
Hasil dari penelitian ini: 1) Penerapan akad murabahah dan akad rahn pada produk pegadaian mulia di Unit Pegadaian Syariah Lumajang sudah dilalui dengan beberapa tahapan dengan baik dan berprinsip pada akad murabahah dan diikat dengan akad rahn, serta hambatan yang dilalui apabila nasabah tidak membayar cicilan dan terjadi tunggakan pembayaran. 2) Perkembangan pada produk pegadaian mulia terus meningkat dihitung sejak tahun 2021-2023, hal tersebut disebabkan karena banyaknya nasabah yang mulai berminat untuk berinvestasi dengan emas.
Kata kunci: Akad Murabahah, Akad Rahn, Pegadaian Mulia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Elmis Septia Hidaya
Date Deposited: 05 Jul 2024 06:27
Last Modified: 05 Jul 2024 06:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35884

Actions (login required)

View Item View Item