Implementasi Reward dan Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa kelas VIII Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Jember Tahun Ajaran 2023/2024

Zainurridlo, Hannan (2024) Implementasi Reward dan Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa kelas VIII Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Jember Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Hannan Zainurridlo-T20181363_compressed.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Hannan Zainurridlo, 2023: Implementasi Reward dan Punishment dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Al-Qur’ an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Jember Tahun Ajaran 2023-2024
Kata kunci : implementasi, reward, punishment, motivasi, MTsN 6 Jember
Implementasi reward dan punishment adalah hal yang tidak asing lagi didunia pendidikan. Metode reward (ganjaran) dan punishment (hukuman) di terapkan dalam pembiasaan kedisiplinan siswa dan memberikan motivasi terhadap siswa agar lebih disiplin. Baik dalam pembelajaran di dalam kelas ataupun dalam mematuhi tata tertib sekolah. Sebagaimana kita ketahui salah satu kebutuhan siswa adalah kebutuhan penghargaan dalam pembelajaran, baik berupa hadiah barang maupun hanya berupa ucapan. Sedangkan berlawanan dengan reward adalah punishment, hukuman atau sanksi agar kedepannya siswa tidak mengulangi kesalahan yang sama atau melanggar peraturan sekolah. Untuk itu reward dan punishment adalah bentuk yang dilakukan pendidik atas perbuatan yang sudah dilakukan oleh siswanya.
Fokus penelitian yang diteliti diantaranya: 1) Bagaimana implementasi reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas VIII dalam mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits di MTsN 6 Jember?, 2) Apa kendala reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits di MTsN 6 Jember?, 3) Apa solusi yang dilakukan pada kendala implementasi reward dan punishment dalam mata pelajaran AlQur’an dan Hadits di MTsN 6 Jember?. Tujuan penelitian, 1) Untuk mendeskripsikan implementasi reward dan punishment agar bisa menjadi motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits di MTsN 6 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan kendala implementasi reward dan punishment di kelas VIII pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits di MTsN 6 Jember. 3) Untuk mendeskripsikan solusi apa yang dilakukan untuk mengatasi kendala implementasi reward dan punishment dalam mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits di MTsN 6 Jember.
Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah guru Al-Qur’ an Hadits dan siswa kelas VIII MTsN 6 Jember.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, implementasi reward dan punishment yang biasa dilakukan ketika di dalam kelas yaitu diadakannya suatu kuis yang mana didalamnya ada suatu penerapan reward dan punishment berupa pujian atau hadiah beberapa alat tulis atau makanan ringan dan sebaliknya jika jawabannya salah akan di berikan punishment atau hukuman yang bersifat mendidik dan contoh berikutnya seperti ketika siswa telat masuk kelas maka guru akan memberikan suatu punishment berupa membaca buku dengan lantang di depan teman satu kelasnya yang mana telah dia lewati karena telat masuk kelas. Berdasarkan berbagai bentuk implementasi reward dan punishment yang sudah diterapkan maka timbulah suatu motivasi belajar dalam diri siswa, entah termotivasi untuk menghafal dan membaca ataupun dalam segi kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1904 Performing Arts and Creative Writing > 190402 Creative Writing (incl. Playwriting)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hannan Hannan Zainurridlo
Date Deposited: 05 Jul 2024 06:30
Last Modified: 05 Jul 2024 06:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35897

Actions (login required)

View Item View Item