Pengaruh Iklan dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah ( Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)

Putri, Afrisa Mulyani (2024) Pengaruh Iklan dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah ( Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember). Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Afrisa Mulyani Putri - D20171013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Afrisa Mulyani Putri, 2024, Pengaruh Iklan dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas UIN KHAS Jember).”
Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, sehingga sangat potensial pada produk halal, terbukti dengan meningkatnya jumlah produk halal yang dipasarkan berdasarkan hukum islam. Namun fenomena yang sering ditemui adalah konsumen muslim yang kurang memperhatikan label halal pada kemasan produk. Saat ini iklan televisi yang dulunya sebagai promosi sekarang mulai sedikit ditinggalkan dan kurang diminati, akibatnya konsumen kurang termotivasi untuk membeli produk.
Fokus masalah pada penelitian ini adalah: apakah iklan dan label halal berpengaruh secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah pada mahasiswi Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan dan label halal secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah pada mahasiswi Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2020 UIN KHAS Jember, dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 63 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis kuantitatif yang dinyatakan oleh angka-angka dan perhitungan menggunakan SPSS.
Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa hasil dari uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan t hitung iklan sebesar ( 7,820 ) > t tabel (1,999) dengan nilai signifikasi 0,000 dan t hitung label halal sebesar (2,064) > t tabel (1,999) dengan nilai signifikasi 0,043 masih berada dibawah 0,05 yang artinya bahwa iklan dan label halal secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah pada mahasiwi Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember, atau dalam kata lain Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian untuk uji F diperoleh F hitung sebesar (65,907) > F tabel (4,00) dengan nilai signfikan (0,000) < (0,05), yang artinya bahwa iklan dan label halal secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah pada mahasiwi Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember, atau dalam kata lain Ha diterima dan Ho ditolak. Sementara untuk besaran pengaruhnya berdasarkan hasil pengujian data adalah sebesar 0,687 yang artinya iklan dan label halal dapat mempengaruhi keputusan pembelian produk kosmetik wardah pada mahasiswi fakultad dakwah UIN KHAS Jember sebesar 69,9%, sedangkan untuk sisanya yakni sebesar 30,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci : Iklan, Keputusan Pembelian, Label Halal, Produk Wardah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Afrisa Mulyani Putri
Date Deposited: 05 Jul 2024 03:47
Last Modified: 05 Jul 2024 03:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35899

Actions (login required)

View Item View Item