MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MENGEMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-UTSMANI BEDDIAN JAMBESARI DARUS SHOLAH BONDOWOSO

Yaqin, Hidayatullah Ainul (2024) MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MENGEMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-UTSMANI BEDDIAN JAMBESARI DARUS SHOLAH BONDOWOSO. Masters thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Yaqin, Hidayatullah Ainul. 2024. Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Fiqih dalam Mengembangkan Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Utsmani Beddian Jambesari Darus Sholah Bondowoso. Pembimbing I : Prof. Dr. Moch. Chotib, S.Ag., M.M. Pembimbing II : Dr. H. Abd. Muhith, S.Ag, M.Pd.I.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Tutor Sebaya, Motivasi Belajar, Berpikir Kritis.
Penelitian tentang tutor sebaya telah banyak dilakukan dalam berbagai konteks pendidikan, namun masih jarang dilakukan pada mata pelajaran Fikih. Penelitian terdahulu menunjukkan hasil yang bervariasi terkait efektivitas model ini, dan oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengevaluasi tahapan dan dampaknya dalam pembelajaran Fikih.
Fokus Penelitian 1) Bagaimana tahap pemilihan tutor dalam model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran Fikih untuk mengembangkan motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Utsmani Beddian Jambesari Darus Sholah Bondowoso? 2) Bagaimana tahap pelatihan tutor dalam model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran Fikih untuk mengembangkan motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Utsmani Beddian Jambesari Darus Sholah Bondowoso? 3) Bagaimana tahap pelaksanaan peer tutoring dalam model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran Fikih untuk mengembangkan motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Utsmani Beddian Jambesari Darus Sholah Bondowoso? 4) Bagaimana tahap evaluasi model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran Fikih untuk mengembangkan motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Utsmani Beddian Jambesari Darus Sholah Bondowoso? Tujuan penelitian untuk 1) Mendeskrisipkan dan menganalisis tahap pemilihan tutor dalam model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran Fikih untuk mengembangkan motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Utsmani Beddian Jambesari Darus Sholah Bondowoso. 2) Mendeskrisipkan dan menganalisis tahap pelatihan tutor dalam model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran Fikih untuk mengembangkan motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Utsmani Beddian Jambesari Darus Sholah Bondowoso. 3) Mendeskrisipkan dan menganalisis tahap pelaksanaan peer tutoring dalam model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran Fikih untuk mengembangkan motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Utsmani Beddian Jambesari Darus Sholah Bondowoso. 4) Mendeskrisipkan dan menganalisis tahap evaluasi model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran Fikih untuk mengembangkan motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Utsmani Beddian Jambesari Darus Sholah Bondowoso.
Penelitian dengan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus di Madrasah Tsanawiyah Al-Utsmani Beddian Jambesari Darus Sholah Bondowoso. Subjek penelitian Kepala Madrasah, Guru Fikih, dan Peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa Observasi, Wawancara, dan Penelusuran dokumen. Teknik analisis data melalui Kondensasi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dengan Triangulasi sumber, Triangulasi Teknik, dam Membercheck. Kesimpulan Penelitian 1) Pemilihan tutor berdasarkan: Prestasi akademik siswa, Pemahaman Kajian qarib dan kitab fathul muin, keterampilan dalam menjelaskan materi, dan Karakter yang baik. 2) Pelatihan tutor sebaya berupa bimbingan dan pelatihan, guru Fikih memberi bimbingan materi Fikih yang akan dibahas, serta memberi pelatihan menjadi tutor yang dapat memberi penjelasan dan dapat memimpin diskusi dengan baik. 3) Peer tutoring berupa kegiatan penjelasan materi, diskusi, dan pengerjaan tugas kelompok. Pada tahap ini selururh peserta didik aktif dalam diskusi kelompok dan peserta didik mampu menyelesaikan tugas yang diberikan guru Fikih, melalui berbagai sumber seperti kitab fathul qorib dan kitab fathul muin. 4) Evaluasi dimulai sejak sesi controlling, kemudian memberikan umpan balik berupa tes dan memberikan penilaian pada tutor dan kelompok, untuk selanjutnya data-data tersebut akan digunakan sebagai dasar untuk merencanakan pembelajaran berikutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Hidayatullah Ainul Yaqin
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:30
Last Modified: 05 Jul 2024 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35922

Actions (login required)

View Item View Item