Persepsi mahasiswa komunikasi penyiaran islam uin khas jember terhadap eksistensi kehidupan gay ragil mahardika di media sosial tiktok

Nisa, Faikatul (2024) Persepsi mahasiswa komunikasi penyiaran islam uin khas jember terhadap eksistensi kehidupan gay ragil mahardika di media sosial tiktok. Undergraduate thesis, Fakultas Dakwah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam.

[img] Text
FAIKATUL NISA_D20191004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Popularitas TikTok tidak selalu memberikan dampak positif. Kebebasan yang diberikan seakan semakin tanpa batas. Maraknya komunitas lesbian, gay, biseksual, transgender atau LGBT yang dengan bebas mempertontonkan kemesraan pasangan jenis di TikTok menjadi fenomena yang cukup menjadi perbincangan. Akun TikTok @ragilmahardika dengan jutaan pengikut adalah salah satu yang sempat menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Ragil Mahardika adalah seorang gay asal Medan, Indonesia yang aktif membagikan video kesehariannya bersama pasangan sesama jenis bernama Fredderict Vollert asal Jerman. Mahasiswa sebagai salah satu bagian dari populasi pengguna TikTok memiliki tingkat keingintahuan yang tinggi. Mahasiswa juga dianggap memiliki pemikiran open minded, kritis, dan akademis. Universitas Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember merupakan satu dari beberapa perguruan tinggi di Jember yang mengkoneksikan ilmu agama dengan ilmu sosial.
Fokus pada penelitian ini adalah : 1) Bagaimana persepsi mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam UIN KHAS JEMBER dalam menyikapi konten eksistensi kehidupan gay Ragil Mahardika di media sosial TikTok. 2) Bagaimana tindakan mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam UIN KHAS JEMBER terhadap konten eksistensi kehidupan gay Ragil Mahardika di media sosial TikTok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dekskriptif. Penilitian kualitatif merupakan penelitian yang berkaitan dengan penilaian terhadap sikap, perilaku dan pendapat individu. Teknik pengmpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi.
Adapun hasil dari penelitian ini diantaranya: 1) Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam UIN KHAS Jember memiliki persepsi yang beragam terkait konten Ragil Mahardika di TikTok. Latar belakang yang berbeda mempengaruhi cara pandang mereka ketika menyikapi isu LGBT. 2) Mahasiswa memiliki tindakan yang berbeda-beda dalam menyikapi keberadaan Ragil di TikTok. Diantaranya mahasiswa memilih untuk mengabaikan atau tidak menonton sampai habis video tersebut apabila konten tresebut mengandung unsur LGBT. Namun, ada mahasiswa yang tegas dengan langsung melakukan tindakan report akun jika video tersebut menganggu kehidupan mereka. Sedangkan mahasiswa yang mengalami menjadi seorang gay masih menerima konten Ragil sebagai hiburan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Faikatul Nisa
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:17
Last Modified: 05 Jul 2024 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35931

Actions (login required)

View Item View Item