Pembelajaran ilmu tajwid dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada muatan lokal Baca Tulis Al-Qur'an di SMP As-Syafi'i Rambipuji Jember

Elyasin, Aghni (2024) Pembelajaran ilmu tajwid dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada muatan lokal Baca Tulis Al-Qur'an di SMP As-Syafi'i Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS NEGERI ISLAM KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-144-PAI-2024)
skripsi full bab 1-5 Aghni LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK

Muhammad Aghni Elyasin. 2024. Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Muatan Lokal BTA (Baca Tulis Al-Quran) Di SMP As-Syafi'i Rambipuji Jember
Umat Islam di perintahkan untuk pandai membaca al-qur'an dengan fasih sesuai dengan kaidah bacaan ilmu tajwid, setelah itu memahami arti atau kandungan ayat agar dapat di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan membaca dan menulis huruf-huruf al-qur'an adalah merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami serta mengamalkan kandungan al-qur‟an, sehingga peningkatan kemampuan baca tulis al-qur'an sudah menjadi tuntutan dan kebutuhan. Tujuannya agar tercipta tujuan pendidikan Islam yaitu manusia yang beriman, bertaqwa, berakhlak yang mulia serta terbentuknya generasi qur'ani.
Fokus penelitian ini meliputi; 1. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran ilmu tajwid di SMP As-Syafi'i Rambipuji Jember? 2. Bagaimana implikasi pembelajaran ilmu tajwid dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Quran di SMP As-Syafi'i Rambipuji Jember?.
Tujuan penelitian ini meliputi: 1. Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran ilmu tajwid di SMP As-Syafi'i Rambipuji Jember, 2. Untuk mendeskripsikan implikasi pembelajaran ilmu tajwid dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Quran di SMP As-Syafi'i Rambipuji Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis study kasus dan penentuan subjek penelitian purposive. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi: kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Adapun keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah sebagai berikut: 1). Pelaksanaan pembelajaran ilmu tajwid di SMP As-Syafi'i Rambipuji Jember diawali dengan membaca juz amma bersama-sama lalu bergatian satu-persatu. Pada pelaksanaan pembelajaran ilmu tajwid ini, pendidik menjelaskan materi pelajaran ilmu tajwid menggunakan media papan tulis dan buku ilmu tajwid karya H. Dachlan Salim Zarkasyi. Evaluasi dilaksanakan setiap dua minggu sekali dan dilaksanakan setiap ujian tengah semester maupun ujian akhir semester. 2). Implikasi pembelajaran ilmu atjwid dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur'an di SMP As-Syafi'i Rambipuji Jember yakni. dampak positifnya peserta didik yang dahulunya membaca terputus-putus, tidak fasih dan tidak berdasarkan ilmu tajwid. Setelah adanya pembelajaran ilmu tajwid ini maka kualitas bacaan peserta didik menjadi lebih baik. Dan bagi peserta didik yang belum bisa membaca Al-Qur'an dan belum mengenal ilmu tajwid dengan adanya pembelajaran ilmu tajwid ini sehinga peserta didik bisa membaca Al-Qur'an dengan lancar dan tahu hukum-hukum yang ada di tajwid.

Kata Kunci: Ilmu Tajwid, Membaca Al-Quran, BTA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1604 Human Geography > 160403 Social and Cultural Geography
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: man Aghni Elyasin
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:35
Last Modified: 15 Jul 2024 08:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35942

Actions (login required)

View Item View Item