Pengaruh Content Creator, Celebrity Endorsement dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone di Kecamatan Semboro

Hasanah, Uswatun (2024) Pengaruh Content Creator, Celebrity Endorsement dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone di Kecamatan Semboro. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text (SK-150-ES-2024)
Uswatun Hasanah_E20172070.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Uswatun Hasanah, Agung Parmono, S.E., M.Si., 2024: Pengaruh Content Creator, Celebrity Endorsement, dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone di Kecamatan Semboro

Kata Kunci: Content Creator, Celebrity Endorsement, Kelompok Referensi, Keputusan Pembelian

Era digital dan perkembangan teknologi informasi, smartphone menjadi salah satu alat telekomunikasi yang berkembang sangat pesat. Awalnya smartphone hanya digunakan untuk berkomunikasi atau bertukar kabar jarak jauh, namun sekarang semakin banyak kegunaannya, seperti bermain game online, bisnis secara online, merekam, foto, video live, bahkan sebagai salah satu syarat melamar pekerjaan.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Apakah content creator berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone di Kecamatan Semboro? 2) Apakah celebrity endorsement berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone di Kecamatan Semboro? 3) Apakah kelompok referensi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone di Kecamatan Semboro? 4) Apakah content creator, celebrity endorsement, kelompok referensi berpengaruh secara signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan secara parsial dan simultan dari beberapa variabel x dan variabel y.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah masyarakat wilayah Kecamatan Semboro yang pernah melakukan pembelian smartphone dengan pengambilan sampel nonprobability sampling dengan metode accidental sampling sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji f dengan bantuan aplikasi Software Statistical Package for Sciences (SPSS) versi 26.
Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) Content creator berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. 2) Celebrity endorsement berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. 3) Kelompok referensi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. 4) Content creator, celebrity endorsement dan kelompok referensi berpengaruh secara signifikan dan simultan terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Uswatun Hasanah
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:56
Last Modified: 18 Jul 2024 07:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35973

Actions (login required)

View Item View Item